Pontianak, 5/4 (ANTARA) - Jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Barat akan melakukan sterilisasi pada sejumlah gereja terutama di Kota Pontianak menjelang Perayaan Paskah tahun 2012, kata Kepala Bidang Humas Polda Kalbar Ajun Komisaris Besar (Pol) Mukson Munandar.

"Sterilisasi pada sejumlah gereja di Kota Pontianak dan sekitarnya akan dilakukan tiga jam menjelang umat Kristiani yang akan melakukan ibadah di gereja," kata Mukson Munandar di Pontianak, Kamis.

Mukson menjelaskan, sterilisasi Gereja memang sudah standar pengamanan dan sebagai langkah preventif guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti ancaman terorisme dan kriminalitas lainnya.

Sterilisasi dilakukan dengan menggunakan alat pendeteksi logam dan lainnya. "Petugas kami akan melakukan sterilisasi mulai dari halaman depan, pintu masuk, hingga seluruh sudut ruangan gereja sehingga benar-benar steril dari benda-benda yang mencurigakan," ujarnya.

Polda Kalbar juga akan menempatkan sebanyak sepuluh hingga 20 personel petugas kepolisian atau tergantung besar dan kecil Gereja yang akan dijaga, katanya.

Polda Kalbar melakukan penjagaan terhadap 363 Gereja yang tersebar di 14 kabupaten/kota di provinsi itu.

(A057)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012