Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan meminta semua jajaran di sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan yang ada di kabupaten itu untuk melakukan gerakan revitalisasi kelompok tani dan penyuluhan.

"Di sektor pertanian, kelautan dan perikanan, sektor ini akan maju dan berkembang jika para petani tanaman pangan, peternak, nelayan dan pembudidaya ikan telah mampu menguasai teknologi pertanian-perikanan dan manajemen pemasaran hasilnya serta kemampuannya dalam mengakses permodalan," kata Muda di Sungai Raya, Senin.

Menurutnya, kemampuan tersebut akan terwujud jika kelompok tani di Kubu Raya nyata dan bukan sekadar papan nama yang tidak pernah melakukan apa-apa.

"Oleh sebab itu saya meminta kepada semua jajaran di sektor ini untuk melakukan gerakan revitalisasi kelompok tani dan penyuluhan. Apalagi saat ini, pemerintah melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri yang tujuannya untuk mengentaskan kemiskinan, maka di sektor pertanian telah dilaksanakan Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) yang berbasis pads gabungan kelompok tani (Gapoktan)," tuturnya.

Sebagai bupati, Muda menyatakan dia tidak ingin terlalu pesimistis. Namun, dia berpendapat, jika kelompok tani hanya sekadar papan nama, maka upaya untuk memajukan sektor ekonomi masyarakat di kabupaten itu tentu sulit terwujud.

(pso-171)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012