Pontianak (ANTARA Kalbar) - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sanggau mengembalikan kertas ujian nasional dan lembar isian siswa tingkat SMP kepada Dinas Pendidikan Kalimantan Barat.

"Ujian Nasional (UN) tingkat SMP telah selesai dilaksanakan. Semua lembar jawaban para siswa pun dikumpulkan hari ini dan langsung kita kirim kembali kepada Dinas Pendidikan Kalbar untuk diproses," kata Kepala Bidang SMP dan SMA Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sanggau, Dedet, Jumat.

Dedet mengatakan sejauh ini tidak ada laporan tentang kekurangan soal dan lembar jawaban serta kebocoran jawaban.

"Sekitar 5.125 peserta UN dari 116 sekolah yang ada di Kabupaten Sanggau mengikuti ujian dengan baik. Target kelulusan untuk Kabupaten Sanggau tingkat SMP sekitar 100 persen, karena untuk tahun lalu, kelulusan Kabupaten Sanggau sekitar 92 persen," tuturnya.

Meski demikian, dia mengakui ada salah satu siswa SMP Negeri 2 Kabupaten Sanggau yang kedapatan menggunakan lilin yang digosokkan di jawaban yang telah dihitamkan, supaya ketika dikoreksi jawaban tersebut tampak benar.

Namun hal itu ketahuan oleh pengawas ujian, awalnya anak tersebut tidak mengakui penggunaan lilinnya. Akhirnya, anak tersebut pun mengakui perbuatannya itu, sehingga pengawas mengganti lembar jawaban tersebut dengan lembar jawaban yang baru.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012