Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan sebanyak 90 proyek penanaman modal dalam negeri (PMDN) dan penanaman modal asing (PMA) yang dilaksanakan tahun 2011 sudah berjalan dengan baik.

"Investasi daerah di Kabupaten Kubu Raya terbagi menjadi dua, yaitu PMDN dan PMA, dari semua proyek penanaman modal yang sudah berjalan di Kubu Raya sepanjang tahun 2011 telah dilaksanakan dengan baik," kata Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Sabtu.

Dia menjelaskan, jumlah proyek PMDN Tahun 2011 dari sektor primer sebanyak 52 proyek, dari sektor sekunder ada 18 proyek, sedangkan dari sektor tersier sebanyak 20 proyek dengan daya serap tenaga kerja sebanyak 7.689 orang, dimana 7 (tujuh) diantaranya adalah warga negara asing (WNA).

Sedangkan jumlah proyek PMA Tahun 2011 dari sektor primer sebanyak empat proyek, sektor sekunder sebanyak lima proyek, dan sektor tersier sebanyak tiga proyek dengan daya serap tenaga kerja sebanyak 3.935 orang, dan 20 orang diantaranya adalah warga negara asing (WNA).

"Sebagaimana yang telah dikemukakan di atas, bahwa Kabupaten Kubu Raya merupakan daerah otonom yang usianya relatif baru sehingga diperlukan adanya langkah-langkah strategis dan terarah untuk dapat menyelenggarakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangannya secara efisien dan efektif," katanya.

Sejalan dengan itu, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah menetapkan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2009 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kubu Raya periode 2009-2014, yang dijabarkan ke dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kubu Raya Tahun 2011 yang merupakan rencana dan komitmen kerja untuk satu tahun anggaran.

"Dari banyaknya program pembangunan, tentu akan terus kita tingkatkan setiap tahunnya, lantaran tidak mungkin kita bisa melakukan suatu pembangunan secara instan. Untuk itu, dari pelaksanaan program pembangunan dan investasi yang sudah berjalan di Kubu Raya pada tahun lalu, tentu akan menjadi pelajaran bagi kita untuk menjalankan program pemerintahan lebih baik nantinya," tuturnya.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012