Magelang (ANTARA Kalbar) - Sebanyak 4.660 orang peserta dari 50 negara ikut meramaikan Borobudur International Hash (Interhash) 2012 yang akan berlangsung pada 24-27 Mei 2012 di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Jumlah peserta kemungkinan akan bertambah pada hari pelaksanaan nanti," kata Koordinator Humas Borobudur Interhash 2012, Hasan Suryoyudho di Magelang, Rabu.

Ia menyebutkan, sejumlah peserta yang telah menyatakan akan berpartisipasi dalam olahraga lintas alam tingkat internasional tersebut, antara lain dari Malaysia 1.300 orang, Amerika Serikat 150 orang, dan dari Australia 287 orang.

Hasan menuturkan, para peserta akan melaksanakan registrasi pada 22 Mei 2012 di Rich Hotel Yogyakarta dan Borobudur Interhash 2012 akan dibuka di Candi Prambanan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut akan berlangsung di 16 "runsite" terdiri atas 33 "trail" dilaksanakan di Kabupaten Magelang, Kota Magelang Jawa Tengah dan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut dia, di setiap "runsite" peserta akan dihibur dengan penampilan seni tradisional daerah setempat.

Ia mengatakan, untuk mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut panitia menyiapkan tim kesehatan yang akan mulai bekerja pada saat peserta melakukan registrasi di Rich Hotel dengan melakukan pemeriksaan kesehatan awal.

"Kami didukung 42 tim kesehatan dan 72 regu tandu yang masing-masing dilengkapi dengan mobil ambulans, dokter, paramedik gabungan dari Dinas Kesehatan Provinsi, Kesdam IV/Diponegoro, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Magelang, dan PMI," katanya.

Bagi peserta yang sakit, katanya, panitia juga menyediakan rumah sakit rujukan, yakni RSU Tidar, RSU Muntilan, RST dr Soedjono, dan RS Panti Rapih Yogyakarta.  
    
Koordinator Umum Borobudur Interhash, Mayjen TNI (Purn) Kardiyono, mengatakan, pada tanggal 17 Mei 2012 para peserta sudah berdatangan di Indonesia.

"Mereka berada di tiga titik sentral, yakni Jakarta, Bandung, dan Denpasar. Mereka diakomodasi klub hash di kota tersebut dari 17 hingga 22 Mei 2012, kemudian melakukan registrasi di Yogyakarta pada 22 Mei 2012," katanya.

(H018)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012