Jakarta (ANTARA Kalbar) - Pemerintah mengakui peran penting Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) karena persoalan-persoalan pengembangan otonomi daerah dan demokrasi tidak akan bisa terselesaikan tanpa menyertakan pemerintahan daerah.

Pengakuan Pemerintah tersebut disampaikan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi saat menutup Otonomi Expo & Forum 2012, Sabtu malam (23/5). Penutupan dihadiri Ketua Umum Apkasi Isran Noor dan para pengurus lainnya yaitu para bupati seluruh Indonesia.

Otonomi Expo & Forum 2012 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada 24-27 Mei diikuti 178 peserta terdiri atas 124 pemerintah kabupaten, tujuh provinsi, empat pemerintah kota, 10 perusahaan asing, tiga kedutaan besar, dua kementerian, dua BUMN. Panitia penyelenggara mencatat, sedikitnya expo ini dikunjungi 35.000 orang.

Ekspo yang dibuka oleh Menteri Kesra Agung Laksono mewakili Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Kamis (24/5) itu menampailkan 350 anjungan dan tercatat sebagai terbesar dari rangkaian sembilan kali penyelenggaraan sebelumnya.

Gamawan Fauzi mengatakan, sangat logis Kemendagri memberi perhatian sungguh-sungguh terhadap peran APKASI mengingat kekuatan nyata pemerintahan berada di tingkat kabupaten.

"Jika pertumbuhan ekonomi diproyeksikan 6,5 persen tahun ini, maka sebagian besar pertumbuhan itu berada di daerah-daerah," katanya.

(E004)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012