Pontianak (ANTARA Kalbar) - Komite Olahraga Nasional Indonesia Kalimantan Barat menargetkan peringkat ke-18 pada PON ke-XVIII yang akan berlangsung di Provinsi Riau, September mendatang.

"Target ini tidaklah berlebihan, mengingat pada PON ke-XVII kemarin di Kalimantan Timur, Kalbar hanya mampu meraih posisi ke-21. Kita optimistis, Kalbar mampu meraih peringkat ke-18," kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalbar Syarif Mahmud Alqadri di Pontianak, Sabtu.

Apalagi, kata Mahmud, sejumlah cabang olahraga sudah mempersiapkan para atletnya dengan melakukan training center sejak Februari lalu. Seperti pada cabang olahraga anggar, dimana mereka melakukan TC di Malaysia.

Tidak hanya itu, beberapa cabang olahraga lainnya yang menjadi unggulan, juga melaksanakan TC di luar Kalimantan Barat.

"Ini dilakukan untuk melatih serta mengasah kemampuan mereka untuk berlaga di PON nanti," tuturnya.

Untuk itu, sembilan cabang olahraga yang menjadi unggulan untuk meraih emas, sudah dipersiapkan oleh masing-masing pelatih. Dan Mahmud meminta kepada sejumlah atlet yang bakal meraih emas di PON ke XVIII nanti, diharapkan lebih giat berlatih. Agar apa yang telah ditargetkan KONI Kalimantan Barat dapat tercapai.

Mantan pebalap nasional asal Kalimantan Barat itu juga menargetkan, Kalimantan Barat harus mendapatkan sedikitnya 8 emas, guna mencapai peringkat yang sudah ditargetkan KONI.

Sehingga marwah Kalimantan Barat khususnya di bidang olahraga, tidak dipandang sebelah mata. Lagipula, Mahmud menginginkan agar olahraga Kalimantan Barat bisa sejajar dengan provinsi lainnya di Indonesia.

"Paling tidak kita masuk peringkat di atas dua puluh dari 33 provinsi di Indonesia," tuturnya.
 
(pso-171)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012