Pontianak (ANTARA Kalbar) - DPRD Kabupaten Kapuas Hulu mengharapkan maskapai yang melayani rute penerbangan Putussibau-Pontianak dapat lebih konsisten dengan jadwal keberangkatannya.

"Pesawat saat ini merupakan transportasi yang penting guna mempersingkat jarak tempuh dan menghemat waktu. Namun sayang, transportasi udara di Kabupaten Kapuas Hulu tidak konsisten melayani penumpangnya," kata anggota Komisi C DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Hamdi Jafar, Sabtu.

Menurutnya, maskapai penerbangan sering tidak konsisten dengan jadwal yang ada. Sebab tidak jarang maskapai penerbangan memajukan atau mengundur jam keberangkatan bahkan membatalkan.

"Yang kita harapkan ada kepastian hari dan jam keberangkatan. Walau pun jadwal penerbangan seminggu hanya tiga kali, namun tetap dan pasti," tuturnya.

Ia memaklumi bila pesawat yang ada di kabupaten itu tidak memungkinkan terbang setiap hari, bahkan setiap penerbangan maskapai akan selalu penuh dengan penumpang.

"Namun, yang penting, adanya kepastian dan sesuai jadwal. Sehingga tidak merusak jadwal konsumen. Harapan kita ada kepastian penerbangan, bukan semau maskapai menentukan jadwal," kata Legislator yang tergabung pada Fraksi Demokrat itu.

Harus diakui transportasi udara di Putussibau saat ini sangat penting, hal ini mengingat jarak tempuh Putussibau ke Pontianak sangat jauh.

"Bayangkan saja, bila menggunakan jalan darat bisa menghabiskan waktu 16-18 jam. Berbeda jauh bila ditempuh dengan transportasi udara yang hanya sekitar satu jam," katanya.

Mengingat pentingnya transportasi udara saat ini, diharapkan pemerintah daerah mencari solusi.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012