Singkawang (ANTARA Kalbar) -  SMK Negeri l Singkawang menjalin kerja sama dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang, tentang pemanfaatan sarana dan prasarana bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kominfo RI untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah kejuruan itu di bidang teknologi informasi (TI).

Kepala Bidang Kominfo Dishubkominfo Singkawang, Istri Handayani, Sabtu,  mengatakan kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan secara optimal sumber daya yang ada, berupa bantuan dari Pemerintah Pusat yang terdiri dari Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK), Media Center (MC) dan Unit Mobil Siaran Keliling.

“Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama, oleh karena itu tidak ada salahnya kalau sarana yang ada bisa dimanfaatkan untuk menunjang peningkatan kualitas SDM para generasi bangsa. Dengan demikian, akan tercipta SDM yang berkualitas, dan pada akhirnya semua pihak akan ikut serta merasakan keberadaannya” kata Istri yang mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Singkawang.

Istri menjelaskan hal-hal yang dikerjasamakan antara lain pihak Dishubkominfo memberi kepercayaan kepada SMKN l Singkawang dalam mengoperasionalkan M-PLIK selama enam bulan ke depan.  Selain itu mengizinkan SMK N l memanfaatkan Media Center sebagai media pembelajaran, dengan waktu penggunaan sesuai dengan kesepakatan.

"Dengan kerjasama ini, lnsya Allah tidak akan mengganggu pelayanan kepada masyarakat yang lain, justru sebaliknya. SMKN l mempunyai binaan bidang IT beberapa sekolah, selain M-PLIK bisa dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran di SMKN l, M-PLIK akan dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran dan sosialisasi kepada sekolah binaan atau sekolah mitra SMKN l Singkawang. Selain tersebut diatas, dengan jalan ini diharapkan SMKN l bisa menjadi mitra dalam mensosialisasikan pemanfaatan internet yang positif bagi masyarakat, atau bagaimana berinternet yang sehat dan aman," kata Istri.

Sumiyatman Wakil Kepala Sekolah SMK N l Singkawang, saat mendampingi siswanya ke Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika mengaku, kerjasama yang dijalin dengan Dishubkominfo merupakan anugerah yang pantas untuk disyukuri. Mengingat kondisi saat ini di SMKN l Singkawang mempunyai permasalahan dengan jaringan, dengan adanya kerjasama ini akan bisa membantu dan minimal menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar di SMKN l Singkawang.

"Atas nama SMKN l kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Kepala Dinas Hubkominfo Singkawang dan jajarannya, sehingga siswa-siswi SMK N l bisa diberi kesempatan untuk memanfaatkan sarana yang ada untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran. Mudah-mudahan kerjasama ini bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan," kata Sumiyatman.

(MC-S)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012