Pontianak (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Senin, secara serentak mulai membagikan fisik Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) yang sudah selesai dicetak kepada masyarakat kota itu.

"Mulai hari ini kami secara serentak membagikan fisik E-KTP yang sudah dicetak pemerintah di enam kecamatan, yakni di Kecamatan Pontianak Barat, Selatan, Utara, Timur, Tenggara, dan Kecamatan Pontianak Kota," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Thomas di Pontianak.

Ia menjelaskan, pembagian fisik E-KTP di Kota Pontianak sengaja dipercepat dari rencana semula mulai awal Juli 2012.

"Lebih baik kami dibagikan sekarang, agar tidak menumpuk, karena untuk membagikan fisik E-KTP pada pemohon juga memerlukan waktu dan persyaratan tertentu," ujar Thomas.

Mekanisme penyerahan fisik E-KTP kepada pemilik, terlebih dahulu diberikan surat pemanggilan, kemudian pemohon datang ke masing-masing kecamatan untuk dilakukan pencocokan sidik jari, serta tidak boleh diwakilkan, kata Thomas.

Data Disdukcapil Kota Pontianak, mencatat saat ini fisik E-KTP yang sudah diserahkan pemerintah pusat kepadanya yakni sebanyak 55.784 keping atau sekitar 17.83 persen dari sebanyak 83,49 persen penduduk Kota Pontianak yang melakukan perekaman E-KTP dari kuota sebanyak 374.935 jiwa.


(A57)




Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012