Pontianak (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu bertekad menjadikan koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kabupaten itu sebagai penunjang pertumbuhan perekonomian masyarakat.

"Sesuai dengan visi dan misi pemerintah, kita berusaha untuk mewujudkan peran koperasi dan UMKM dalam menunjang pertumbuhan perekonomian di daerah khususnya. Sedang misi pemberdayaan koperasi dan UMKM untuk menjadikan sebagai pelaku ekonomi yang tangguh dan profesional, dan lembaga ekonomi kerakyatan yang mandiri," kata Sekretaris Disperindagkop Kapuas Hulu, Thomas Panyarta, Jumat.

Dia mengatakan, dengan visi dan misi tersebut diharapkan terciptanya koperasi dan UMKM yang berkualitas, tangguh, mandiri dan profesional serta tumbuhnya wirausaha baru dari anggota koperasi.

Ditambahkan Thomas, koperasi dan UMKM merupakan salah satu penggerak perekonomian nasional yang cukup besar peranannya. Karena koperasi mempunyai asas kuat, yaitu azas kekeluargaan dan gotong royong.

Untuk itu, pemerintah terus mendorong pengembangannya sebagai badan usaha ekonomi kerakyatan yang tangguh, mandiri dan profesional.

"Walaupun pengelolaannya dari anggota, di kelola anggota, hasilnya untuk anggota dan masyarakat umumnya," tuturnya.

Thomas juga menuturkan, berdasarkan rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2012 kementerian Negara koperasi dan UKM RI terbagi ke dalam beberapa prioritas. Prioritas pertama adalah percepatan peningkatan pendapatan masyarakat dan penataan kelembagaan sistem perlindungan sosial.

Prioritas dua peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Prioritas ke tiga pemantapan reformasi, birokrasi, pembenahan hukum serta pemantapan demokrasi dan keamanan sosial.

Prioritas empat penguatan perekonomian domistik yang berdaya saing yang didukung oleh pembangunan pertanian, infrastruktur serta kemandirian pangan. Priortas ke lima peningkatan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012