Padang (ANTARA Kalbar) - Direktur Jenderal Pehubungan Darat Kementerian Perhubungan, Suroyo Alimoesa meminta daerah agar mempersiapkan secara matang angkutan lebaran, guna menyikapi peningkatan volume lalu lintas.

Antisipasi dilakukan agar tidak menimbulkan hambatan lalu lintas pada beberapa ruas jalan selama angkutan mudik dan balik lebaran 2012, kata Suroyo Alimoesa dalam pemaparannya pada hari pertama pertemuan pembinaan penyelenggaraan angkutan umum di Sumbar, di Padang, Senin.

Menurut dia, ada beberapa hal penting yang harus mendapat perhatian dan ditindaklanjuti pemerintah daerah sebagai kesiapan angkutan lebaran mendatang.

Langkah yang utama, melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan angkutan orang dan barang, baik di terminal penumpang, terminal barang maupun pada unit pengujian kendaraan bermotor dan unit pelaksana penimbangan.

Selain itu, perlu pemeriksaan kondisi prasarana jalan dan menentukan jalur alternatif jika terjadi hambatan lalu lintas saat angkutan lebaran, serta memprioritaskan kelancaran arus barang dan orang, bahkan menambah armada apabila diperlukan.

Selanjutnya, berkoordinasi dengan berbagai instansi demi kelancaran arus barang dan orang serta perlu menyiapkan jalur distribusi kalau terjadi bencana tanah longsor dan bencana alam lainnya.

"Kita minta instansi berwenang di daerah, agar melakukan penyuluhan kepada perusahaan angkutan umum, terkait kesiapan sarana angkutan yang memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang memenuhi aspek keselamatan," katanya.

(SA)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012