Pontianak (ANTARA Kalbar - Jumlah penumpang yang mudik Lebaran tahun 2012 melalui terminal Batu Layang, Pontianak diperkirakan mengalami kenaikan sebesar 15 persen dibanding hari biasanya, kata Kepala Terminal Batu Layang Burhan.

"Dari data yang kami peroleh ada peningkatan penumpang di Terminal Batu Layang, terutama tujuan pantai utara, yakni Pontianak, Mempawah, Singkawang, Sambas dan Bengkayang," kata Burhan di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan, dari sekitar 50 bus jurusan pantura Kalbar yang bisa menampung sekitar 25 hingga 30 penumpang, rata-rata penuh.

"Berarti hari ini saja ada sekitar 1.500 penumpang yang mudik ke arah pantura menggunakan bus, jumlah itu belum termasuk pemudik yang menggunakan taksi dan kendaraan pribadi yang tidak tercatat," ungkap Burhan.

Sementara itu, untuk jurusan timur Kalbar, yakni Pinoh dan Sintang ada sekitar 25 bus besar, juga rata-rata penuh penumpang yang akan melakukan mudik ke kampung halamannya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Terminal Batu Layang menyatakan, meskipun jumlah penumpang yang akan mudik lebaran mengalami peningkatan dibanding hari biasanya, kalau dibandingkan jumlah penumpang lebaran tahun lalu, malah mengalami penurunan.

"Penyebab turunnya pemudik melalui Terminal Batu Layang bisa karena pemudik banyak yang menggunakan taksi dan kendaraan pribadi," ujarnya.
(A057)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012