Pontianak (ANTARA Kalbar) - Dari data Kepolisian Sektor Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan Laut (KP3L) Pontianak, mencatat sekitar 8.905 penumpang datang dan pergi mudik Lebaran tahun 2012, dari Jakarta, Surabaya serta Semarang tujuan Pontianak dan sebaliknya melalui Pelabuhan Dwikora.

"Data tersebut terkumpul sejak tanggal 10 Agustus hingga H-2 Idul Fitri 1433 Hijriah," kata Kapolsek KP3L Pontianak AKP Jaka Budi Prasetya di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan, khusus hari ini, tidak ada jadwal kedatangan maupun keberangkatan penumpang dari Pontianak tujuan Jakarta, Surabaya dan Semarang, begitu juga sebaliknya.

"Dari jadwal yang kami peroleh, H-1 (Sabtu, 18/8) besok, dijadwalkan KM Ferry dari Semarang dan KM Bukit Raya dari Surabaya akan tiba di Pelabuhan Dwikora Pontianak," ungkap Jaka.

Ia memprediksi, jumlah penumpang yang datang menggunakan dua KM itu nantinya akan ramai, karena hari terakhir mudik lebaran.

"Sementara kalau jumlah penumpang yang akan berangkat dari Pontianak tujuan Semarang dan Surabaya di perkirakan akan sepi karena bisa dipastikan akan berlebaran di perairan, sehingga penumpang lebih memilih angkutan udara," ujarnya.

Data Polsek KP3L Pontianak, mencatat, ada delapan KM yang melayani angkutan mudik Idul Fitri 1433 Hijriah, dari Jakarta, Semarang Surabaya tujuan Pontianak dan sebaliknya, yakni KM Dharma, KM Ferry II, KM Lauser, KM Marisa, KM Bukit Raya, KM Mabuhay, KM Laskar Pelangi.

(A057)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012