Sambas (ANTARA Kalbar) - Antrean panjang hingga mencapai satu kilometer terlihat di dermaga penyeberangan Teluk Kalong Kabupaten Sambas Kalimantan Barat pada hari kedua Lebaran Senin ini.

Dermaga itu memuat penumpang untuk tujuan Tanjung Harapan dan sebaliknya dengan menggunakan jasa angkutan penyeberangan feri Kapal Motor Pelayaran Semah.

"Kami sudah dua jam ikut antre untuk menyeberang dari dermaga feri Teluk Kalong menuju Tanjung Harapan, tetapi belum juga dapat giliran," kata Safarin warga Desa Pimpinan, Kecamatan Teluk Keramat yang ingin ke Kota Sambas.

Ia menyesalkan, antrean kendaraan roda empat yang cukup panjang itu dipicu oleh ramainya pemilik kendaraan roda dua yang juga ikut menggunakan jasa feri.

"Padahal mereka bisa menggunakan jasa kapal motor klotok atau perahu sehingga tidak sampai mengambil jatah pengguna kendaraan roda empat," ujarnya.

Sementara itu, Staf Dinas Perhubungan dan Informatika, Kabupaten Sambas Dulhadi menyatakan, pihaknya tidak bisa berbuat banyak untuk melarang pemilik kendaraan roda dua untuk ikut menggunakan jasa penyeberangan feri.

"Kami sudah menambah jam pelayanan, akibat lonjakan penumpang dari kendaraan roda empat maupun sepeda motor sepanjang Idul Fitri 1433 Hijriah yang akan menyeberangan dari arah Dermaga Tanjung Harapan tujuan Dermaga Teluk Kalong maupun sebaliknya," katanya.

Penambahan jam pelayanan, menurut dia, yang biasanya dari pagi mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, kini dari pagi hingga pukul 23.00 WIB, kata Dulhadi.

(A057)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012