Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya akan mengintensifkan program peternakan dengan memberikan pola pendampingan bagi peternak dalam memadukan pertanian yang sudah ada dengan pemenuhan pakan ternak.

"Untuk pengembangan peternakan, khususnya sapi saat ini sudah kita lakukan bahkan Kubu Raya saat ini juga sudah menjadi salah satu pemasok daging sapi bagi kota Pontianak. Guna meningkatkan produksi peternakan sapi tersebut, kita akan terus memberikan pendampingan kepada peternak, bahkan kita akan memfasilitasi peternak yang ada agar bisa mendapatkan bantuan hewan ternak dari pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kubu Raya, Suharjo di Sungai Raya, Minggu.

Suharjo mengatakan, dari jumlah daging sapi yang ada di Kubu Raya dikaitkan dengan permintaan, saat ini memang masih tergantung kepada pulau Jawa. Makanya, sampai tahun 2014 mendatang, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya membantu program nasional untuk swasembada daging dengan terus memperbanyak peternakan di kabupaten itu.

"Kalau untuk ayam dan kambing kita sudah bisa menutupi swasembada, kalau untuk sapi kita masih tergantung pasokan baik dalam bentuk ternak maupun dagingnya," tuturnya.

Dia menjelaskan Kubu Raya merupakan salah satu konsumen daging yang datang dari luar Kalbar. Pihaknya melihat Kubu Raya memiliki potensi besar, karena secara kooperatif sudah diuntungkan karena wilayahnya tidak jauh dengan kota.

"Karena konsumsi terbesar ada di kota, meskipun entah dari kota nanti dibawa kemana tapi dengan potensi tersebut kita sudah sangat diuntungkan. Ditambah lagi dengan sumber daya manusianya yang ada di Kubu Raya," katanya.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012