Pontianak, 30/8 (ANTARA) - Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak, Prof Dr Thamrin Usman DEA mengharapkan 1.544 mahasiswa yang baru diwisuda serta seluruh alumni bisa meningkatkan moralitas saat mengabdikan diri kepada masyarakat, mengingat bangsa ini sangat memerlukan masyarakat yang memiliki moral yang baik.

"Seperti yang kita lihat pada tayangan pemberitaan media baru-baru ini, dimana banyak pejabat negara kita yang moralnya sudah sangat rusak, sampai-sampai pengadaan Alquran saja dikorupsi," kata Thamrin, usai wisuda 1.544 mahasiswa Untan di Pontianak, Kamis.

Menurutnya, hal itu menjadi cerminan bahwa moral masyarakat bangsa ini sudah semakin terkikis.

"Makanya kita mengharapkan agar semua lulusan kita bisa mempertahankan moralnya saat berbaur dengan masyarakat. Terlebih bagi mahasiswa yang lulus dengan predikat terpuji, kita harapkan bisa mempertahankan predikatnya tersebut saat mengabdikan diri dengan masyarakat," tuturnya.

Thamrin juga mengatakan, setelah di wisuda, para wisudawan dan wisudawati Untan diharapkan bisa menyadari bahwa itu bukan merupakan akhir dari proses pembelajaran.

"Justru sebaliknya, itu merupakan awal dari kehidupan baru, di mana alumni perguruan tinggi diharuskan bisa mengabdikan diri kepada masyarakat berdasarkan hasil dari pembelajaran yang didapatkannya selama di perguruan tinggi,," katanya.

Mantan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tersebut juga meminta kepada lulusan Untan agar tidak terpaku untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) saja.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012