Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Sebanyak 3.139 peserta mengikuti tes ulang CPNS Kabupaten Kubu Raya yang dilaksanakan di 14 sekolah yang tersebar di kabupaten tersebut.

"Jika kita melihat data dari jumlah peserta yang lulus pada tes administrasi CPNS ahun 2010 lalu, jumlahnya mencapai 3.961, dari jumlah tersebut diberikan kesempatan untuk ikut kembali tes ulang pada hari ini. Namun, pada kenyataannya, jumlah peserta yang mendaftar kembali hanya 3.139 peserta," kata Sekda Kubu Raya, Husein Syawiek di Sungai Raya, Sabtu.

Namun, katanya, sepertinya dari jumlah peserta yang sudah mendaftarkan diri kembali untuk mengikuti tes ulang CPNS tersebut, mengalami pengurangan, lantaran pada saat pelaksanaannya, banyak bangku peserta yang kosong.

"Untuk jumlah peserta yang ikut tes hari ini, kita belum tahu pasti. Namun, sepertinya, jumlah peserta yang ikut pada hari ini mengalami pengurangan, nanti coba kita rekapitulasi kembali datanya," tuturnya.

Menanggapi kurangnya jumlah peserta tes ulang CPNS tahun 2012 ini, Husien Syawiek yang ikut memantau langsung pelaksanaan tes ulang di SMA 1 Sungai Raya mengatakan, Pemkab Kubu Raya dalam hal ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) akan mengecek dan mendata kembali para peserta ini, dan pada dasarnya Pemkab Kubu Raya telah memberikan peluang dan kesempatan termasuk menyediakan soal dan ruangan.

Husien menuturkan, Pemkab Kubu Raya bekerja sama dengan 14 sekolah yang tersebar di Kecamatan Sungai Raya untuk melakukan pengawasan terhadap peserta tes ulang CPNS itu.

"Tidak hanya itu, Pemkab Kubu Raya juga melibatkan anggota Polsek Sungai Raya dan Satpol PP Kubu Raya untuk melakukan pengamanan selama berlangsungnya pelaksanaan tes ulang CPNS tersebut,"katanya.

Dia menambahkan, guna mengantisipasi terjadinya kecurangan dan hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan tes ulang CPNS hingga pengumuman, setelah dilakukannya tes ulang CPNS itu, Lembar Jawaban Kerja (LJK) akan langsung dikirim ke Jakarta.

Dan dalam proses pengiriman LJK ini, Pemkab Kubu Raya didampingi langsung oleh perwakilan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Hal ini dilakukan agar peristiwa tahun 2010 lalu tidak terulang kembali, sehingga pada pelaksanaan tes ulang CPNS tahun 2012 ini benar-benar murni dan berjalan dengan baik dan lancar,"kata Husein.

Husien menambahkan, untuk tahun ini, penentuan kelulusan bagi peserta tes ulang CPNS ini ditentukan langsung oleh Pemerintah Pusat dan bukan dari Pemkab Kubu Raya.

Ditempat terpisah, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyerahkan langsung persoalan tes ulang CPNS itu ke Pemerintah Pusat.

Muda menjelaskan, dalam penerimaan PNS itu, formasi yang dibutuhkan masih sama dengan formasi pada tahun 2010 lalu, sebanyak 236 orang yang dibagi menjadi tiga formasi yaitu, formasi Tenaga Pendidik, Tenaga Medis/Kesehatan dan Formasi Tenaga Teknis.

"Untuk itu kita mengharapkan, dengan digelarnya tes ulang CPNS ini bisa memberikan harapan kepada peserta CPNS yang tahun 2010 lalu dibatalkan. Tentunya tes ulang CPNS ini juga bisa memberikan penambahan pegawai bagi Pemkab Kubu Raya, mengingat Kubu Raya merupakan Kabupaten termuda di Kalimantan Barat ini tentunya masih banyak memerlukan pegawai untuk menempati formasi yang dibutuhkan," katanya.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012