Sungai Raya, Kalbar (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melakukan pembebasan lahan pada enam titik kawasan di kecamatan Sungai Raya, untuk pencanangan pembangunan kantor pemerintahan terpadu dan instansi vertikal di kabupaten itu.

"Tahun 2013 ini, kita telah melakukan pembebasan lahan di enam kawasan. Dimana kawasan tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan perkantoran termasuk fasilitas PDAM dan Polres Kubu Raya," kata Kepala Bappeda Kubu Raya, Gandhi Setyagraha di Sungai Raya, Kamis.

Dia mengatakan, agar penggunaan lahan lebih efektif dan mempermudah masyarakat, maka pembangunan perkantoran direncanakan menggunakan konsep kantor terpadu. Dimana dalam satu kawasan dimungkinkan terdapat tiga kantor dinas.

"Kita sengaja membuat konsep terpadu untuk mempermudah masyarakat," tuturnya.

Ghandi berharap proses pembebasan lahan untuk pembangunan perkantoran dapat berjalan lancar, meski dengan keterbatasan anggaran.

Sambil menunggu proses yang sedang berjalan sangat diharapkan seluruh jajaran pegawai di Pemkab Kubu Raya dapat memanfaatkan fasilitas yang ada guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Di satu sisi, kita ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat di satu sisi lainnya dibutuhkan anggaran untuk pembangunan perkantoran," katanya.

Agar kedua-duanya dapat berjalan tentu diperlukan keseriusan dari Pemkab Kubu Raya itu sendiri.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat agar memberikan bantuan anggaran pembangunan, dan mudah-mudahan pusat mau memberikan bantuan yang dibutuhkan," katanya.

Ghandi tidak memungkiri saat ini masih banyak sejumlah dinas yang belum memiliki gedung sendiri dan terpaksa harus menyewa. Bahkan lebih dari itu, masih banyak bangunan sekolah yang rusak dan belum dapat diperbaiki.

Menurut Ghandi, keterbatasan anggaran merupakan persolan utama dari lambannya pembangunan perkantoran di Kubu Raya. Namun dirinya yakin dengan kerja keras yang dilakukan, seperti terus melakukan pembebasan lahan yang dibutuhkan, maka lambat laun proses pembangunan perkantoran akan dapat terselesaikan. ***3***

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012