Makanan Ini Bantu Tenangkan Penderita Hipertensi

Jumat, 5 Oktober 2012 9:12 WIB

Jakarta (ANTARA News) - Ada banyak orang yang menderita penyakit hipertensi, dan harus mengkonsumsi obat sebagai satu cara untuk bisa menenangkan saraf dari ketegangan dan menjaga agar penderita tetap tenang di segala situasi.

Namun, ada beberapa jenis makanan yang dapat menjadi solusi untuk membantu menenangkan saraf.

Biji labu atau biji waluh adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan zinc. Zinc adalah salah satu mineral penting untuk menjaga tingkat stres agar tetap rendah dalam jangka panjang. Selain menjaga Anda dari stress berlebihan, biji waluh juga bisa meningkatkan sistem imunitas. Kekurangan zinc dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih cepat marah dan depresi.

Secangkir yoghurt setiap harinya dapat membantu Anda terhindar dari masalah hipertensi. Kandungan protein, kalsium, riboflavin, vitamin B6 dan B12, merupakan komposisi yang baik sehingga menyebabkan yoghurt menjadi makanan yang tepat untuk menenangkan Anda.

Makanan yang memberikan efek tenang lainnya adalah telur. Telur kaya akan vitamin, mineral, dan lemak baik yang dapat membantu menyalurkan endorfin ke seluruh tubuh. Endorfin adalah za yang diproduksi di otak yang berfungsi untuk membuat tubuh kita lebih mentoleransi stress, tekanan, dan rasa sakit.

Seledri adalah salah satu jenis makanan yang bersifat menenangkan karena efektif untuk mengurangi tekanan darah, sehingga mampu menenangkan saraf Anda. Seledri mengandung zat yang bernama phthalides, yang berfungsi untuk menenangkan kelenjar otot yang terdapat pada pembuluh arteri.

Ubi adalah sumber betakaroten, kalsium, dan serat, yang baik untuk membantu menenangkan tubuh. Semua kandungan yang terdapat di dalam ubi berfungsi untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan stress.

Yang terakhir adalah kacang walnut. Jenis kacang-kacangan ini sangat baik untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi stress. Walnut kaya akan nutrisi, asam lemak omega-3, vitamin B dan magnesium, yang sangat baik untuk mengurangi tingkat stress seseorang.
(M048)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012

Terkait
Terpopuler