Pontianak (ANTARA Kalbar) - Hujan es yang disertai angin kencang terjadi kembali di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya pada Minggu sore.

"Saya baru kali ini melihat hujan es di Kota Pontianak. Kejadiannya sekitar pukul 15.00 sore tadi saat hujan lebat dan angin kencang, tiba-tiba hujan batu es terjadi," kata Dewi, warga kota Kecamatan Pontianak Selatan, Minggu.

Dia menceritakan, saat hujan es itu turun, dia sedang berada di rumah betang Pontianak bersama teman-temannya. Tiba-tiba angin kencang datang disertai hujan lebat, kemudian turun hujan es berukuran batu kerikil.

"Awalnya saya mengira ada orang yang melemparkan es kepada saya, tapi lama-lama es itu makin banyak dan jatuh bersama air hujan. Jujur saja, ini baru pertama kali saya melihat hujan es," tuturnya.

Di tempat yang sama, Erwin Harahap yang mengatakan hujan es tersebut sempat mengenai dirinya, saat dia berusaha mengamankan alat "sound system" pada kegiatan pameran di rumah betang tersebut dari hujan.

"Rasanya sakit, karena seperti batu mengenai kepala saya. Saya juga sempat memungut batu es tersebut dan bentuknya benar-benar seperti pecahan batu es," kata Erwin.

Dikonfirmasi terpisah, Prakirawan BMKG Supadio Pontianak, Sutikno membenarkan adanya hujan es tersebut. Bahkan hujan es itu tidak hanya terjadi di kota Pontianak, tetapi juga di Kabupaten Kubu Raya.

"Tepatnya di Kecamatan Sungai Ambawang, Sungai Kakap, Teluk Pakedai dan Sungai Raya," tuturnya.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012