Jakarta (ANTARA Kalbar) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono menunaikan shalat Idul Adha 1433 Hijriah di Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat pagi.

Kepala Negara selain didamping oleh Ani Yudhoyono juga didampingi oleh kedua putranya Agus Harimurti dan Edhie Baskoro Yudhoyono serta kedua menantunya.  

Shalat Id di Masjid Istiqlal berlangsung mulai pukul 07.00 WIB dan kemudian dilanjutkan dengan ceramah oleh Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya Prof Dr Abd A'la, M.Ag.

Pada kesempatan itu Abd A'la menyerukan mengenai pentingnya peningkatan kepedulian umat terhadap kondisi lingkungan sekitarnya.

Hadir dalam kesempatan itu, antara lain mantan Wapres Jusuf Kalla dan Mufidah Kalla, Ketua DPD RI Irman Gusman, Ketua DPR RI Marzuki Alie, para menteri Kabinet Indonesia Bersatu, duta besar negara sahabat, serta ribuan umat Islam.

Pengurus Masjid Istiqlal Jakarta akan membagikan daging hewan kurban dalam rangka Idul Adha, pada Sabtu (27/10), setelah shalat subuh, kata Sekretaris Pelaksana dan Pengelola Masjid Istiqlal Subandi.

"Untuk pembagian daging hewan kurban akan dilaksanakan pada Sabtu (27/10) setelah shalat subuh, sementara penyembelihan hewan kurban akan dilakukan Jumat pada bakda asar," katanya.

Pengurus Masjid telah mempersiapkan kupon guna menghindari penumpukan calon penerima daging hewan kurban.

Panitia Idul Adha Masjid Istiqlal juga telah mempersiapkan tenda, yang terbagi untuk pria dan wanita calon penerima daging hewan kurban.

Guna mengatur ketertiban proses pembagian daging hewan kurban, pihak Masjid juga telah mempersiapkan tinta untuk menandai peserta yang telah menerima daging hewan kurban.

Ia menjelaskan, hal itu dilakukan agar tidak ada penerima ganda pada perayaan Lebaran Haji 2012.

Hingga saat ini, pihak Masjid Istiqlal mencatat sebanyak 33 sapi dan 36 kambing untuk disembelih, sedangkan waktu penerimaan hewan kurban Idul Adha masih akan diterima pihak Masjid hingga pukul 08.00 WIB, setelah shalat Id.

Di antara hewan kurban yang akan disembelih itu terdapat dua hewan kurban yang masing-masing milik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono.

"Presiden SBY dan Wapres Boediono masing-masing berkurban satu sapi," kata Subandi.

Sapi kurban Presiden Yudhoyono berjenis ongole dengan berat 1.007 kilogram dan tinggi 168 sentimeter. Sapi ongole tersebut juga telah mendapat sertifikat sehat dari Balai Kesehatan Hewan Dinas Kelautan dan Pertanian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 23 Oktober 2012.

(P008*F013)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012