Jakarta (ANTARA Kalbar) - PT Pertamina (Persero) menyatakan berminat kerja sama dengan klub sepakbola Serie-A Italia, AC Milan, dengan tujuan untuk memperkenalkan Pertamina ke pasar global.

"Kontrak kerja sama dengan AC Milan akan segera ditandatangani, mudah-mudahan Desember tahun ini, sehingga 1 Januari 2013 sudah bisa berjalan" kata Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina, Ali Mundakir, dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.

Ali menjelaskan kerja sama yang tengah dijajaki perusahaan minyak milik negara itu adalah pemasangan iklan Pertamina di markas AC Milan serta melalui pembinaan sekolah sepakbola Pertamina, yaitu Pertamina Soccer School.

"Selain memasang iklan, kami juga meminta agar ada pelatih dari AC Milan yang menangani sekolah sepakbola Pertamina," kata Ali.

Ia berharap para murid di sekolah itu akan menerima pendidikan yang sesuai standar latihan AC Milan, sehingga diharapkan ke depannya mampu menghasilkan bibit pesepakbola yang handal bagi Indonesia.

"Rencana itu juga telah kami informasikan kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan mereka menyatakan siap untuk memantau perkembangannya," kata Ali

Sementara terkait kerja sama sponsor yang dimaksud adalah pemasangan nama Pertamina di tepi lapangan sepakbola Stadion San Siro, Milan, yang menjadi markas klub berjuluk "Rossoneri" itu.

Menurut Ali, besaran nilai kontrak yang akan dibayarkan Pertamina belum dapat diumumkan saat ini karena masih dalam tahapan negosiasi.

Kerja sama dengan tim sepakbola Italia itu merupakan strategi Pertamina dalam menancapkan merek Pertamina di Eropa, setelah sebelumnya Pertamina Lubricants merambah pasar Eropa melalui ekspor perdana ke pasar Swiss yang menjadi negara tujuan ekspor ke-23.

Jika terealisasi, maka kiprah Pertamina menjadi sponsor klub elit sepakbola Eropa akan menjadi yang ketiga bagi perusahaan pelat merah asal Indonesia, setelah sebelumnya maskapai Garuda Indonesia yang mensponsori raksasa Inggris Liverpool dan Bank Negara Indonesia (BNI) yang menjalin kerja sama dengan juara Liga Champions musim lalu, Chelsea.

(P012)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012