Pontianak (ANTARA Kalbar) - Tim Penggerak PKK Kabupaten Ketapang memberi pelatihan bagi ibu hamil di tingkat kecamatan dengan melibatkan puskesmas dan posyandu setempat.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ketapang, Riniwati Henrikus saat dihubungi di Pontianak, Kamis, mengatakan, program pembangunan kesehatan di Indonesia dewasa ini masih diprioritaskan pada upaya peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak.

"Terutama pada kelompok rentan kesehatan yaitu ibu hamil, bersalin dan bayi pada masa perinatal," kata Riniwati Henrikus.

Terkait hal itu, Tim Penggerak PKK Kabupaten Ketapang membuka kelas ibu hamil. Salah satunya di wilayah kerja Puskemas Kedondong, Posyandu Kesuma Hati, Desa Paya Kumang.

Menurut dia, kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil dalam bentuk tatap muka dalam kelompok.

Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, penyakit menular dan akte kelahiran.

Sasaran kelas ibu hamil meliputi kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 20 minggu sampai dengan 32 minggu dengan jumlah peserta maksimal 10 orang.

"Kelas ini untuk meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nipas, KB pascapersalinan, perawatan bayi baru lahir," ujar dia.

Selain itu, juga pemahaman mengenai mitos atau kepercayaan dan adat istiadat setempat terkait perawatan bayi termasuk juga membahas penyakit menular dan akte kelahiran.

(T011)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012