Pontianak (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Ketapang akan menggelar Festival Dangdut menjelang akhir tahun 2012 dengan melibatkan sejumlah artis nasional.

Humas Panitia Festival Dangdut se-Kabupaten Ketapang Tahun 2012, Syahran di Ketapang, Minggu mengatakan, penyediaan hadiah jutaan rupiah bagi tiap pemenang sebagai salah satu bentuk pembinaan.

"Bagi pemenang lomba mesti bersedia menjadi penyanyi pendopo bupati," kata Syahran.

Berdasarkan hasil pertemuan dengan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, panitia menyiapkan uang pembinaan untuk pemenang pertama putra dan putri sebesar Rp10 juta, pemenang kedua Rp7 juta, pemenang ketiga Rp5 juta.

Sedangkan juara harapan I mendapat Rp3 juta, harapan II Rp2 juta, dan harapan III Rp1 juta.

Festival itu akan digelar pada pentas hiburan rumah dinas Bupati Ketapang pada tanggal 27-30 Desember 2012.

Sebelum festival dimulai, calon peserta akan melalui proses audisi, sedangkan final, penilaian oleh juri lokal ditambah artis dangdut seperti Ikke Nurjanah, Tommy Ali, dan Maya KDI.

Peserta pria diwajibkan membawakan lagu berjudul Cinta hitam dari Meggy Z. Sedangkan lagu pilihan diantaranya Cinta Sampai disini (Mansyur S), Sudah Tahu Aku Miskin (Muchin Alatas), Maya (Mocsin Alatas), Masih Adakah Cinta (Latif Khan), dan Sisa-Sisa Cinta (Ona Sutra).

Sedangkan lagu wajib peserta wanita adalah Iming-iming dari Rita S. Lagu pilihannya, Selalu Milikmu (Ikke Nurjanah), Senyum dan Hatimu (Ikke Nurjanah), Pria Idaman (Rita S), Cinta Berpayungkan Bulan (Rita S) dan Jangan Marah (Rita S).

Peserta harus memenuhi syarat di antaranya berdomisili di Kabupaten Ketapang, usia 18-30 tahun.

Pendaftaran di Dinas Budparpora Ketapang pada 1-15 Desember 2012, dengan melampirkan foto copy KTP, ijazah, atau identitas lain.

Panitia lomba akan memilih 60 peserta yang terdiri dari 30 putra dan 30 putri melalui audisi.

Penyanyi yang lolos audisi, berhak untuk mengikuti lomba pada tanggal 28-30 Desember 2012. Sedangkan audisi pada tanggal 16-18 Desember bertempat di ruang rapat Kantor Bupati Ketapang.

Pengumuman lulus audisi pada tanggal 19 Desember 2012, pertemuan teknis 20 Desember 2012. Pengambilan nada bagi yang lulus pada tanggal 21-22 Desember 2012 di pendopo Bupati Ketapang.

Setelah tahapan tersebut dilalui, dalam babak penyisihan peserta hanya membawakan satu lagu wajib.

Di babak final, diwajibkan membawakan satu lagu wajib dan satu lagu pilihan, khusus lagu pilihan peserta memilih satu lagu diantara lima lagu pilihan yang sudah ada dengan cara acak atau diundi pada waktu tampil di atas pentas.

(T011)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012