Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak menyatakan, akan memprioritaskan penyelesaian pembangunan jalan pondasi beton di kawasan Kecamatan Pontianak Timur, yang ditargetkan bisa selesai dalam waktu satu tahun.

"Saya minta tahun ini pembangunan infrastruktur jalan menggunakan pondasi beton di sepanjang Jalan Panglima Aim bisa selesai," kata Wali Kota Pontianak Sutarmidji seusai membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Pontianak Timur, Senin.

Sutarmidji menjelaskan, selain menargetkan bisa menyelesaikan pembangunan infrastruktur jalan, Pemkot Pontianak juga akan menyelesaikan instalasi pengolahan air milik PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak, dan pembangunan drainase di Kecamatan Pontianak Timur.

Pemkot Pontianak juga akan menekan seminimal mungkin masalah kemiskinan, seperti melalui program rehabilitasi rumah tidak layak huni di Kecamatan Pontianak Timur, kata Sutarmidji.

Sementara itu, Camat Pontianak Timur, Rizal menyatakan, Musrenbang yang digelar tersebut, sebagai proses akumulasi pra-musrenbang tingkat rukun warga dan kelurahan.

"Alhamdulillah sudah sesuai rencana, pada hari ini kami menggelar Musrenbang tingkat kecamatan," ujarnya.

Rizal menambahkan, Musrenbang tersebut dilakukan bukanlah merekapitulasi keinginan-keinginan melainkan sebagai wadah memusyawarahkan kemudian merencanakan program-program dan kebutuhan masyarakat di Kecamatan Pontianak Timur.

Menurut Rizal, persoalan pokok dalam Musrenbang itu tentunya berkaitan dengan infrastruktur yang tentunya menjadi tolak ukur dalam kegiatan pembangunan, serta sektor kesehatan, pendidikan, pariwisata dan peningkatan perekonomian masyarakat juga menjadi perhatian serius Pemkot Pontianak.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyatakan, Pemkot Pontianak mendapatkan anggaran Rp76 miliar untuk pelebaran dan peningkatan jalan-jalan di kota itu untuk tahun 2013.

Menurut dia, ruas jalan yang akan dilebarkan dan ditingkatkan menggunakan pondasi semen itu, di antaranya di Jalan 28 Oktober, Komodor Yos Sudarso, Tanjung Raya II, Jalan Ahmad Yani Pontianak dan sejumlah jalan protokol di Pontianak.

Edi menyatakan, anggaran untuk pelebaran dan peningkatan jalan mengalami peningkatan sebesar 20 persen dari tahun sebelumnya Rp52 miliar.

(A057)

Pewarta:

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013