Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus berupaya menjaga dan mengembangkan kawasan pertanian tanaman pangan dan holtikultura di Kubu Raya sebagai daerah penyangga pangan untuk Kalimantan Barat.

Hal tersebut menjadi kebijakan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan yang sangat memberikan perhatian serius terhadap pengembangan pertanian di Kubu Raya sebagai salah satu ikon daerah termuda di Kalimantan Barat.

Seiring dengan tingginya perhatian pemerintah terhadap pertanian di Kubu Raya telah menghasilkan beberapa merek beras lokal di Kubu Raya dan telah membuka sentra penjualan beras lokal Kubu Raya untuk memudahkan pemasaran beras tersebut masuk pasar masyarakat Kubu Raya, Kota Pontianak dan wilayah Kalimantan Barat lainnya.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat menghadiri panen raya bersama ditjen pengembangan dan perluasan areal sawah Kementerian Pertanian dan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kubu Raya di Dusun Cabang Rouan, Desa Batu Ampar yang merupakan lokasi pengembangan "food estate" Kubu Raya.

Muda mengatakan Batu Ampar, khususnya beberapa dusun di Padu Empat, sebagai wilayah pengembangan "food estate' (kawasan pangan) merupakan rumah masa depan. Mengingat di daerah tersebut tersedia juga sumberdaya alam yang sangat mendukung untuk pengembangan persawahan abadi dengan ketersediaan air bersih yang baik dari pegunungan yang bisa dikelola dengan membuat irigasi yang baik dan hal itu ditegaskan Muda harus dijaga.

"Kita terus berupaya optimal memajukan bidang pertanian di Kubu Raya sebagai salah satu program utama pemerintah Kubu Raya. Hal ini kita lakukan sebagai upaya untuk menjaga dan memandirikan pangan masyarakat, sekaligus untuk mensejahterakan masyarakat petani lokal," kata Muda.

Dia menyatakan, pihaknya akan menyiapkan rumah masa depan pangan bagi kabupaten tersebut sekitar 500 ha yang sudah ditetapkan sebagai kawasan pertanian.

Muda Mahendrawan selaku Bupati pertama Kubu Raya merasa bangga dengan semangat dan kerja keras dari petani Kubu Raya yang ada di Padu Empat yang telah berupaya maksimal dan terus berupaya dengan berbagai terobosan untuk meningkatkan hasil produksi petani khususnya beras.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013