Sydney (Antara/AFP) - Australia untuk pertama kali memiliki gubernur dari suku Aborigin di negara bagian Northern Territory, yang resmi menjabat pada Kamis, setelah melancarkan "kudeta internal" secara halus.

Adam Giles menang dalam pemilihan internal partai pada Rabu, sekaligus menggeser pendahulunya, yang berada di Jepang pada saat itu.

Perdana Menteri Julia Gilard menyambut kemenangan Giles itu tanpa menghiraukan perkembangan keadaan di balik prosesnya.

"Ini saat bersejarah bagi penduduk asli Australia," kata Gillard di hadapan parlemen di Canberra.

Pemimpin oposisi Tony Abbot juga menyuarakan perasaan senada, meskipun menaruh perhatian terhadap hiruk-pikuk di wilayah itu.

"Meskipun dalam kondisi yang riuh seperti itu, tetap saja kemarin merupakan hari yang sangat penting bagi negara kita," katanya.

Dalam sebuah pertemuan di Darwin pada Rabu, Giles mendapatkan jabatan itu setelah mendapat 11 suara dari 16 anggota parlemen dari Country Liberal Party (CLP).

"Saya sangat terharu karena dipercaya untuk menjabat posisi ini," kata Giles yang berusia 40 tahun kepada Radio ABC menjelang proses pengambilan sumpah jabatan.

"Mengambil alih kepemimpinan di wilayah Northern Territory pada masa seperti ini merupakan sebuah tantangan bagi saya," katanya.

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013