Jakarta (Antara Kalbar) - Artis Desy Ratnasari resmi dikukuhkan menjadi Duta Badak Jawa periode 2013-2014 oleh Kementerian Kehutanan.

"Pengukuhan Desy Ratnasari sebagai Duta Badak Jawa ini merupakan penghargaan dan apresiasi atas kepeduliannya selama ini dalam mendukung kampanye konservasi Badak Jawa," kata Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dalam pidatonya pada Expose dan Konferensi Pers yang bertajuk "Pelepasliaran Anak Burung Maleo (Macrocephalon maleo) Ke-10.000 dan Hasil Monitoring Populasi Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) Tahun 2012," di Jakarta, Jumat.

Zulkifli meyakini Desy Ratnasari sebagai publik figur dapat memiliki posisi strategis untuk dapat mengajak masyarakat, terutama anak muda dalam mengkonservasi badak sebagai salah satu satwa yang dilindungi.

"Kalau Desy yang menjadi duta, gaungnya akan beda karena masyarakat telah mengenalnya sejak lama. Kita doakan semoga niat baik ini mendapat ridho," katanya.

Dia juga meyakini Desy bisa ikut serta dalam menjalankan program-program yang telah disusun Kemenhut untuk konservasi alam.

Zulkifli berharap kepada Desy setelah dikukuhkannya sebagai Duta Badak Jawa untuk mendorong semakin efektifnya dukungan masyarakat luas terhadap upaya konservasi spesies badak.  
 
Sementara itu, Desy mengakui dirinya berkomitmen untuk ikut dalam program-program Kemenhut dalam pelestarian badak.

"Saya mengucapkan terima kasih atas tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan kepada saya," katanya.

Dia juga berkeinginan agar masyarakat sadar dan ikut serta dalam pelestarian badak tersebut.

"Karena tidak ada badak, tidak bagus," ujarnya.

(R. Chaidir)

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013