AJI Makassar Nilai Polisi Gagal Atasi Geng Motor

Sabtu, 6 April 2013 9:59 WIB

Makassar (Antara Kalbar) - Pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar menilai polisi gagal mengatasi dan memberantas maraknya gejala fenomenal kekerasan yang dilakukan geng motor di ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan.

"Kami menilai kepolisian gagal mengatasi gejala sosial para pelaku kekerasan geng motor yang sudah meresahkan masyarakat dan kini berada pada tingkat waspada," kata pengurus AJI  Nurdin Amir di Makassar, Sabtu.

Menurut dia, penyerangan geng motor terhadap jurnalis hingga melukai salah seorang di antaranya, yakni Harun (27) di Jalan Raya Veteran Selatan pada Sabtu dini hari, merupakan bukti lemahnya institusi kepolisian dalam mencegah kasus kekerasan geng motor.

"Kepolisian harus menuntaskan dan membongkar geng motor yang tindakannya semakin meresahkan warga. Kali ini jurnalis korbannya, entah siapa lagi berikutnya," ungkap mantan aktivis itu.

Ia menyebutkan, saat itu dirinya beserta rekan-rekan jurnalis televisi lainnya diserang secara mendadak saat liputan menuju lokasi tawuran warga di Jalan Dangko, Kecamatan Tamalate.

"Kami mempertanyakan kinerja Kapolda Sulselbar karena belum berperan aktif dalam memberantas kasus-kasus kekerasan baik yang menimpa jurnalis maupun warga lainnya yang dilakukan oknum geng motor," sebut jurnalis Trans 7 ini.

Sementara Sekretaris Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel Hendra Nick Arthur juga menegaskan, bahwa peran polisi adalah mengayomi dan melindungi masyarakat dalam menjaga stabilitas keamanan.

"Termasuk suasana kondusif yang mesti dijaga. Sebaiknya polisi tegas menangkap pelaku geng motor dan tidak memberikan ruang kepada mereka supaya ada efek jera. Sebab, diketahui setelah ditangkap mereka kemudian dilepas kembali karena diduga membayar kompensasi, ungkapnya.

Kasus penyerangan oleh geng motor di Makassar masuk dalam kategori waspada. Beberapa kasus terjadi mulai penyerangan mini market, penganiyaan pengguna jalan, vandalisme hingga ke tingkat ekstrem yakni pembunuhan.

(Ant News)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013

Terkait
Terpopuler