Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, Hilman Tisnawan menyatakan, total aset yang dimiliki oleh perbankan yang ada di Kalbar tahun 2012, tercatat sudah mencapai Rp40 triliun.

"Dalam dua tahun terakhir pertumbuhan aset perbankan di Kalbar cukup bagus, sehingga pada tahun 2012 sudah tercatat sebesar Rp40 triliun dari sebelumnya tahun 2010 sebesar Rp27 triliun," kata Hilman Tisnawan dalam sambutannya pada penandatanganan nota kesepahaman antara BI, Polda dan Kejati Kalbar dalam menindaklanjuti tindak pidana perbankan di Pontianak, Selasa.

Hilman menjelaskan, total aset sebesar Rp40 triliun itu terdiri dari 200 kantor bank umum dan BPR (Bank Perkreditan Rakyat) yang tersebar di 14 kabupaten/kota di Kalbar.

"Dana masyarakat hingga tahun 2013 sudah mencapai Rp33 triliun, dengan besaran itu perannya di tingkat nasional baru sekitar satu persen saja," ungkap Hilman.

Hilman menambahkan, untuk lalu lintas atau transaksi perbankan mencapai Rp21 triliun/bulan, yakni uang masuk ke Kalbar Rp10,1 triliun, dan uang keluar sekitar Rp9,9 triliun.

(A057)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013