Jakarta (Antara Kalbar) - Majalah BUMN Track memberikan Anugerah Kartini BUMN untuk Kepemimpinan Inspiratif kepada lima perempuan perusahaan milik negara, Rabu.

Kelima perempuan tersebut, yakni Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan, Direktur Utama PT Pelni Jussabella Sahea, Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour Intan Abdams Katopo, Direktur Utama PT Sarinah Mira Amahorseya, dan Wakil Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk Felia Salim.

Mira Amahorseya mengatakan perempuan sebagai pemimpin di BUMN memiliki kelebihan dari pria karena mampu menyeimbangkan aktivitas perusahaan, keluarga dan kehidupan beragama.

"Kita perempuan harus lebih dari pria karena harus menyeimbangkan ketiga hal itu," kata Mira, dalam "Malam Penghargaan Anugerah Kartini BUMN 2013".

Selain memberikan penghargaan pada kategori kepemimpinan inspiratif, Majalah BUMN Track juga memberikan Anugerah Kartini BUMN bidang Keuangan, Anugrah Kartini BUMN bidang Marketing dan Pengembangan Bisnis, Anugrah Kartini BUMN bidang SDM dan Umum, Anugrah Kartini BUMN bidang Produksi dan Operasi.

Anugerah Kartini BUMN bidang keuangan diberikan kepada Direktur Keuangan PT Asuransi Jasa Indonesia, Direktur Administrasi dan Keuangan PT Pindad, Direktur Keuangan dan Administrasi PT Berdikari.

Anugerah Kartini BUMN pada bidang Marketing dan Pengembangan Bisnis diberikan kepada Direktur Corporate Banking PT Bank Mandiri Fransiska Nelwan Mok.

Selanjutnya Anugerah Kartini BUMN Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum diberikan kepada Direktur SDM PT Pertamina Evita M Tagor, Direktur SDM dan Umum PT Pupuk Kijang, Direktur SDM dan Umum PT Hutama Karya Hartik Aningsih, serta Direktur Umum dan Personalia PT TWC Borobudur Prambanan dan Ratu Boko Retno Hardiasiwi.

Anugerah Kartini BUMN bidang Produksi dan Operasi oleh Direktur Operasi PT Inti Dayu Padmara Rengganis dan Direktur Operasi PT Sarinah Rini Wulandari.

Penerima Anugrah Kartini BUMN 2013 adalah perempuan di pucuk kepemimpinan dengan kriteria: BUMN yang dipimpin menunjukkan kinerja baik; mengembangkan kepemimpinan yang kuat, inovatif, mampu ,memecahkan masalah dan menggerakkan perubahan ke arah yang lebih baik; telah menjabat selama lebih dari satu tahun.

Pemimpin Redaksi Majalah BUMN Track Hadi M Djuraid mengatakan keberadaan perempuan di pucuk pimpinan BUMN telah memberi inspirasi dan motivasi kuat bagi perempuan Indonesia untuk mengembangkan kapasitas dan kemampuannya sejalan dengan nilai-nilai emansipasi dan kesetaraan gender yang diwariskan RA Kartini.

Dia mengungkapkan BUMN saat ini sebanyak 141 BUMN, dimana jumlah direksinya mencapai 600 orang dan 30 diantaranya perempuan atau hanya sekitar 5 persen.

Djuraid berharap jumlah perempuan dalam pucuk pimpinan BUMN akan terus bertambah.

( Subagyo)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013