Pontianak (Antara Kalbar) - Korem 121 Alambhana Wannawai siap mendukung BKKBN Provinsi Kalimantan Barat dalam menyukseskan program KB dan kependudukan termasuk ke daerah yang sulit terjangkau.

"Apa yang menjadi program di BKKBN, kami siap 'back up'," kata Komandan Korem 121/ABW Kol Inf Binarko Sugihantyo di sela Rapat Koordinasi Teknis dengan BKKBN Provinsi Kalbar di Pontianak, Selasa.

Ia mengatakan bahwa TNI mempunyai dukungan di bidang teritorial. Di antaranya ikut membantu mencari akseptor KB. "Kami juga terlibat langsung dalam hal itu," ujar Binarko.

Selain itu, pihaknya juga membantu dalam pendampingan bagi petugas yang akan melaksanakan Program KB.

"Kami siap mendukung secara maksimal. Terlebih lagi, ini program pemerintah, dan sudah ada kerja sama di tingkat pusat antara TNI dan BKKBN," kata dia menegaskan.

TNI, ia menambahkan, dimanapun berada, akan terlibat langsung untuk menyukseskan program-program pemerintah.

Ia mengakui meski telah menjadi kegiatan rutin antara TNI dan BKKBN, namun tetap dibutuhkan evaluasi dari apa yang sudah dilakukan sebelumnya.

"Dari hasil kinerja tahun 2012, apa yang perlu ditambah atau dibenahi. Sekaligus merencanakan pada tahun ini, agar hasilnya lebih bagus dibanding tahun sebelumnya," kata Binarjo Sugihantyo.

Ia berharap, selain terpenuhi, juga ada target yang terlampaui dengan memaksimalkan potensi yang ada.

"Hasil kerja sama program KB antara TNI dan BKKBN, akan terlihat pada Oktober nanti," ujar dia.

Dari evaluasi awal untuk tahun 2012, terdapat daerah yang pencapaiannya bisa diatas 200 persen. Namun, ada juga yang tidak mencapai target yang diharapkan.

"Ini terjadi di beberapa tempat, ada yang terlampaui, ada yang belum. Ini menjadi evaluasi bagi semua, agar pelaksanaan tahun 2013, menjadi lebih baik lagi," kata Binarko Sugihantyo.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013