Jakarta (Antara Kalbar) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mendemokan cara pembayaran iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Solo sebagai bagian dari dukungan untuk mendukung terlaksananya BPJS di masyarakat.

Kegiatan uji coba dilaksanakan sesuai kesepakatan antara PT. Askes dan BRI meliputi pembayaran melalui Teller BRI dan e- Banking BRI. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Rakernas Mid Term Review PT. Askes (Persero) Tahun 2013, ujar Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Senin.

Ali mengatakan, peluncuran layanan penerimaan tersebutmenjadi awal dukungan pihaknya kepada BPJS Kesehatan untuk menjadikan Indonesia lebih sehat.

Sebagai awal, BRI memberikan layanan  berupa penerimaan pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui BRI Virtual Account (BRIVA), nantinya akan dilanjutkan dengan pelayanan pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan serta dukungan untuk pembayaran klaim, kata Ali.

Selain itu, lanjutnya, deklarasi kesiapan mendukung BPJS Kesehatan  dan penandatangan nota kesepahaman tersebut juga diharapkan dapat terealisasi efektif pada 1 Januari 2014.

Layanan BRIVA ini dapat memberikan kemudahan dalam pemanfaatan sistem layanan jasa perbankan yang cepat, nyaman, modern, dan terpercaya melalui jaringan BRI yang tersebar dan terbesar di Indonesia baik bagi BPJS Kesehatan maupun pesertanya, tutur Ali.

Ali menambahkan, fasilitas BRI Virtual Account (BRIVA) merupakan satu-satunya virtual account perbankan dengan sistem real time online, sehingga seluruh pembayaran premi peserta BPJS melalui BRI Virtual Account dapat langsung tercatat secara real time on line di sistem Kepesertaan BPJS.

Untuk PT Askes sendiri, saat ini sudah melayani lebih dari 16,4 Juta peserta, yang terdiri atas PNS aktif, pensiunan, dan veteran TNI/Polri, nantinya akan melayani sekitar 125 juta peserta atau naik 760 persen, dan diperkirakan akan mencapai 250 juta peserta di tahun 2019.

Pewarta: Citro Atmoko

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013