Sungai Raya (Antara Kalbar) - Dinas Pertanian, Peternakan dan Hortikultura Kabupaten Kubu Raya memastikan ketersediaan hewan kurban untuk pelaksanaan Hari Raya Idul Adha nanti mencukupi dan aman dikonsumsi.

"Menjelang pelaksanaan hari raya kurban stok daging untuk Kubu Raya sudah kita pastikan sangat aman untuk dikonsumsi. Demikian dengan jumlahnya, karena hingga saat ini, khusus sapi ada sekitar ratusan ekor sapi dan kambing masih tersedia di masyarakat," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya, Rini Apriyani di Sungai Raya, Minggu.

Menurut Rini dari data yang dimiliki pihaknya hingga saat ini stok hewan tidak hanya mencukupi untuk kebutuhan masyarakat Kubu Raya, tetapi juga kota Pontianak. Karena, berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, 60 persen daging dan hewan kurban yang ada di Kota Pontianak, berasal dari Kubu Raya.

"Dengan ketersediaan stok hewan tersebut, lanjut Rini maka kita sangat yakin Kabupaten Kubu Raya tidak akan kekurangan stok hewan. Kita tidak mengimpor hewan dari daerah lain, karena memang stok hewan kurban kita sangat mencukupi," tuturnya.

Meski demikian, Rini tidak memungkiri bisa saja stok sapi dan kambing di Kabupaten Kubu Raya menjelang pelaksanaan hari raya kurban kekurangan karena tingginya angka permintaan. Jika itu terjadi, kondisi tersebut sudah di luar perkiraan pihaknya.

Terkait masalah lonjakan harga sapi dan kambing, Rini menjelaskan jika saat ini dari data yang dimiliki pihaknya, harga per ekor sapi dan kambing masih dalam kondisi normal, yakni Rp8 hingga Rp12 juta. Sementara untuk kambing berkisaran Rp1,5 juta hingga Rp2 juta.

Rini menganggap harga tersebut masih stabil dan berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya kalaupun terjadi lonjakan kenaikan harga sapi dan kambing masih dalam kondisi yang wajar dan tidak perlu diresahkan masyarakat.

"Kalaupun naik, kenaikannya tidak terlalu signifikan," tuturnya.  

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013