Pontianak (Antara Kalbar) - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pontianak menyatakan, sekitar dua ribuan pendaftar lulus administrasi seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemkot Pontianak dari sebanyak 2.950 yang mengirim berkas pendaftaran melalui Kantor Pos.

"Setelah dilakukan proses penyeleksian, dari seluruh berkas lamaran yang masuk, ada sekitar sembilan ratusan diantaranya tidak memenuhi syarat sehingga dinyatakan tidak lulus administrasi," kata Kepala BKD Kota Pontianak Zumiyati di Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan, rencananya, Selasa (1/10) pihaknya akan mengumumkan calon peserta tes tertulis penerimaan CPNS tahun 2013 untuk wilayah Kota Pontianak.

Adapun berbagai persyaratan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat, diantaranya indeks prestasi kumulatif (IPK) yang tidak cukup, jurusan akademik tidak sesuai dengan formasi yang dibutuhkan, hingga persyaratan administrasi lainnya yang tidak lengkap.

Kuota CPNS tahun 2013, untuk Pemkot Pontianak sebanyak 50 formasi, yakni 20 tenaga guru, 20 tenaga teknis, dan 10 tenaga medis.

Adapun spesifikasi dan jumlah alokasi itu, diantaranya 20 untuk tenaga guru masing-masing sebanyak 19 orang guru SD untuk kualifikasi pendidikan S1 PGSD, dan satu orang guru Teknik Audio Video untuk kualifikasi S1 Pendidikan Teknik Elektro.

Sementara 10 untuk tenaga medis di antaranya satu dokter spesialis mata, dua orang dokter umum, satu dokter gigi, dua orang perawat dari S1 Keperawatan, dan dua D III Keperawatan, satu orang bidan dari D III Kebidanan, serta satu orang rekam medis dari D III Rekam Medis.

Untuk 20 orang tenaga teknis di antaranya, satu orang untuk ditempatkan sebagai Instruktur Nautika Kapal Niaga dengan kualifikasi D III Nautika/Ahli Nautika Tingkat III dan satu orang sebagai Instruktur Nautika Kapal Niaga dari D IV Teknika/Ahli Teknika Tingkat II, sebagai operator komputer diantaranya satu orang kualifikasi D III Manajemen Informatika, dan dua orang untuk D III Teknik Informatika, dua orang pemroses administrasi barang untuk kualifikasi D III Administrasi Perkantoran/Administrasi Bisnis, satu orang Penaksir Aset Daerah untuk kualifikasi S1 Akuntansi, tiga orang Analisis Evaluasi dan Pelaporan Keuangan untuk kualifikasi S1 Ekonomi, satu Analisis Tata Praja untuk, dua orang pengawas pemerintah urusan pemerintah untuk lulusan S1 Ilmu Pemerintahan, satu orang verifikator keuangan untuk D III Akuntansi, satu orang penguji kendaraan bermotor untuk lulusan D IV Penguji Kendaraan Bermotor, satu perencana dari lulusan S1 Teknik Sipil, satu perancang perundang-undangan untuk S1 Hukum, satu pengawas lingkungan hidup untuk S1 Teknik Lingkungan, dan satu pranata humas untuk kualifikasi S1 Ilmu Komunikasi.

Pewarta: Andilala

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013