Nusa Dua, Bali (Antara Kalbar) - China telah secara resmi menerima keketuaan forum kerja sama Asia Pasifik (APEC )2014 dan pemerintah Beijing, selaku ibu kota tuan rumah, akan menyiapkan pemetaan pembangunan untuk infrastruktur demi menunjang perhelatan tersebut.

Hal itu dikemukakan Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri China wilayah Beijing, Zhao Huimin di Nusa Dua, Bali, pada Selasa.

Dirjen Huimin mengatakan persiapan China sebagai tuan rumah APEC 2014, yang juga negara dengan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia, telah dimulai, dan dia menjamin fasilitas perhelatan akan berstandar internasional, serupa dengan Indonesia pada tahun ini.

"Persiapan terus berjalan. 'Website' telah dirampungkan dan persiapan lainnya akan sesuai dengan standar internasional," ujar Huimin.

Delegasi China sebelumnya menyampaikan rangkaian putaran KTT APEC 2014 akan meliputi forum APEC CEO Summit,  forum APEC Dewan Penasihat Bisnis (ABAC), forum China-APEC, forum APEC untuk Usaha Kecil dan Menengah, dan forum APEC untuk Pengusaha Muda, serta forum diskusi bersama menteri sektor terkait dan juga pengusaha.

China menyatakan, pada APEC CEO Summit tahun ini, delegasi negaranya merupakan yang terbesar dengan jumlah 200 orang dari 1200 pemimpin bisnis yang hadir. Sementara, untuk 2014, Dewan Bisnis APEC akan segera dibentuk untuk lebih aktif melibatkan banyak pengusaha China dalam perhelatan APEC 2014.

Mengenai agenda ekonomi China dalam APEC 2014, Dirjen Huimin, maupun koleganya Xia Jinggie yang merupakan konselor Departemen Ekonomi Internasional Kemenlu China, belum dapat menjelaskan secara detail dan spesifik.

Pewarta: Indra Arief Pribadi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013