Tokyo (Antara Kalbar) - Toyota berjanji akan meningkatkan komponen lokal di Indonesia mencapai 95 persen dalam beberapa tahun mendatang.

"Lokalisasi kita (mobil Toyota di Indonesia) masih kecil, namun akan ditingkatkan di tahun mendatang," kata Wakil Presdir PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Mamoru Akiyama, di Tokyo.

Pada acara makan malam dengan sejumlah wartawan Indonesia yang diundang Toyota dan Lexus menghadiri pembukaan Tokyo Motor Show itu, ia mengungkapkan dibandingkan Thailand, tingkat komponen lokal mobil Toyota masih kecil, hanya sekitar 60 sampai 80 persen. "Total komponen lokal di Thailand bisa mencapai 95 persen," katanya.

Sementara di Indonesia, total komponen lokal tertinggi ada pada Kijang Innova yang mencapai 80 persen, sedangkan mobil lainnya seperti Fortuner masih sekitar 60 persen.

"Kami akan memperbesar tingkat komponen lokal itu. Makanya kami bawa pemasok komponen (dari Jepang) untuk berinvestasi dan bermitra dengan pengusaha lokal di Indonesia," katanya.

Akiyama menargetkan pada 2016 tingkat komponen lokal di Indonesia sudah naik, setidaknya sama dengan Thailand. Saat ini Indonesia telah menjadi basis produksi bagi Toyota untuk model kendaraan serba guna (MPV) Innova dan Avanza, SUV (sport utilities vehicle) Fortuner dan Rush, serta hatchback Etios.

"Untuk Fortuner, kami perkirakan ekspornya bakal menembus angka 50 ribu unit," kata Wapresdir TMMIN dari Indonesia, Johnny Darmawan, menambahkan. Tahun lalu ekspor Fortuner telah mencapai 40.984 unit. Sampai semester pertama 2013, ekspor SUV medium tersebut telah mencapai 22.435 unit.

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013