Sintang (Antara Kalbar) - PDAM Sintang akan mulai memperluas jaringan pelayanannya, kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Zulkifli HA.

Dia mengatakan Pemkab Sintang melalui Dinas PU sedang membangun instalasi PDAM di Masuka. Pembangunan jaringan PDAM di Masuka ini menggunakan dana bantuan dari Pemprov Kalbar.

“Pembangunan jaringan PDAM di Masuka tersebut dilakukan untuk memberikan pelayanan air kepada masyarakat. Sebab instalasi dan jaringan PDAM yang ada di Jalan Siliwangi, Sungai Durian tidak mampu memberikan pelayanan hingga ke Masuka,” katanya.

Selain melebarkan sayap pelayanan ke Masuka, PDAM Sintang juga berencana memperluas pelayanannya ke permukiman penduduk di Jalan MT. Haryono Km 4 hingga ke BTN Cipta Mandiri. Sekda menyampaikan PDAM Sintang sedang menghitung dan membuat program rencana perluasan pelayanan ini.

“Kawasan Jalan MT. Haryono Km 4 sudah ramai permukiman penduduk sehingga PDAM melirik ke sana. Programnya masih sedang dirancang dan akan segera dibahas,” kata Sekda.

Zulkifli HA mengatakan PDAM Sintang rencananya akan membuat jaringan sambungan PDAM ke Jalan MT. Haryono Km 4 Sintang yang selama ini belum ada. “Rancangan yang dibuat PDAM Sintang sudah saya lihat tapi harus dibahas dulu,” katanya.

Rencananya, pembangunan jaringan PDAM tersebut menggunakan dana PDAM yang akan dicoba di tahun 2014. “Kalau memungkinkan Pemkab Sintang akan mempertimbangkan penyertaan modal untuk pembangunan jaringan tersebut yang akan kami masukan dalam APBD 2014,” ujarnya.

Dia mengatakan rencana PDAM Sintang ini akan dipaparkan oleh direkturnya dalam waktu dekat ini. “Mungkin dalam bulan Desember akan dipaparkan,” tuturnya.

Sekda mengatakan Pemkab Sintang di tahun 2013 sudah memberikan penyertaan modal kepada PDAM Sintang sebesar Rp3 miliar. “Kami akan lihat kinerjanya dalam menggunakan dana penyertaan modal tersebut. Apakah PDAM sudah bisa menyelesaikan tunggakan-tunggakan mereka selama 2013 ini, akan kami evaluasi semua,” tegas Sekda.

Dia mengatakan belum tahu pasti berapa besaran dana penyertaan modal yang akan diberikan Pemkab Sintang untuk tahun 2014 mendatang. Besaran dana penyertaan modal di tahun 2014 ini akan dikaji setelah melihat seberapa keberhasilan kinerja PDAM Sintang di tahun ini.

“Saya belum tahu berapa besar dana penyertaan modal yang akan diberikan. Kami masih menyelesaikan penyertaan modal di tahun 2013 ini,” ungkapnya.

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013