Jakarta (Antara Kalbar) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara menganugerahkan "Antara Achievement Award" 2013 kepada 13 sosok yang dianggap berperan penting dan berprestasi di bidangnya masing-masing sepanjang tahun 2013, di Wisma Antara, Jakarta, Rabu.

"Para penerima penghargaan merupakan orang pilihan yang telah menebarkan semangat dan inspirasi bagi masyarakat luas sekaligus bagi kemajuan bangsa sehingga mendorong untuk tampil membanggakan di kancah internasional," kata Direktur Utama LKBN Antara Syaiful Hadi dalam Puncak Peringatan HUT Ke-76 LKBN Antara dan Penganugerahan "Antara Achievement Award" 2013.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Pelatih Tim Nasional Sepak Bola U-19 Indra Sjafri, Tim Nasional U-19, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI), Menteri BUMN Dahlan Iskan, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani.

Antara juga memberikan penghargaan tersebut kepada Ketua CEO APEC Summit 2013 Wishnu Wardhana, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan, Wakil Ketua Panitia Nasional APEC 2013 Chairul Tanjung, Presiden Direktur PT Gobel Internasional Rachmat Gobel, serta Direktur Utama PT Jamsostek Elvyn G. Masassya.

Selain itu, secara khusus Antara juga memberikan AAA 2013 kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dianggap sebagai pemimpin demokratis yang menjamin kebebasan berpendapat dan paling terbuka kepada rakyat.

Sementara itu, Direktur Pemberitaan LKBN Antara Akhmad Kusaeni menilai pemberian penghargaan sebagai wujud apresiasi atas prestasi para sosok paling berpengaruh di Indonesia sepanjang tahun 2013.

"Setiap tahun media-media terkemuka di dunia seperti Majalah Time memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh yang dianggap berpengaruh. Penghargaan serupa juga diberikan Antara kepada para tokoh yang paling berpengaruh di Indonesia, yang dianggap berprestasi di bidangnya masing-masing," kata Direktur Pemberitaan LKBN Antara Akhmad Kusaeni.

Menurut Kusaeni, para penerima penghargaan berperan besar memperkokoh kebangsaan melalui prestasi di bidang masing-masing.

"Hal itu selaras dengan tema yang kami pilih untuk memperingati 76 tahun Antara, yaitu memperkukuh kebangsaan dan memperkuat fungsi kantor berita negara," katanya.

Selain AAA 2013, lima wali kota dan bupati juga diberi penghargaan Antara Award 2013 atas prestasi mereka di daerah masing-masing. Para penerima Antara Award 2013 adalah Wali Kota Palangka Raya H.M. Riban Satia, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Bupati Mamuju Suhardi Duka, Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Situmeang, dan Bupati Mukomuko Ichwan Yunus.

Kusaeni mengatakan bahwa para penerima kedua penghargaan itu merupakan para tokoh yang mampu mengubah sinisme menjadi energi kebangsaan positif.

"AAA 2013 dan AA 2013 diberikan untuk membasmi budaya negatif dan energi sinisme yang berkembang di Indonesia. Kami berikan kepada mereka yang berprestasi supaya merasa dihargai bahwa apa yang mereka lakukan berguna dan diperhatikan orang," katanya.

Pewarta: Gilang Galiartha

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013