Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyatakan akan mengoptimalkan keberadaan masyarakat transmigrasi yang ada di kabupaten itu dalam mempercepat pembangunan di daerah tertinggal.

"Masyarakat transmigrasi yang ada di Kubu Raya merupakan investasi bagi kabupaten ini. Pasalnya, masyarakat transmigrasi juga berperan dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah, terutama dalam mempercepat pembangunan di daerah tertinggal," kata Muda di Sungai Raya, Rabu.

Muda mengatakan melalui masyarakat transmigrasi akan banyak lahan tidur di Kubu Raya yang akan dikelola menjadi lahan pertanian dan peternakan. Hal tersebut tentu memberikan dampak luas bagi masyarakat dan percepatan proses pembangunan.

Selain itu, masyarakat lokal yang ada di Kubu Raya juga akan banyak mendapatkan transfer ilmu di bidang pertanian dan peternakan, mengingat masyarakat transmigrasi yang didatangkan dari daerah Jawa yang notabenenya adalah para petani dan peternak yang sudah berpengalaman.

"Makanya kita akan berusaha untuk terus meningkatkan pembangunan infrastruktur di daerah transmigrasi untuk mempermudah akses masyarakat di sana dalam mengangkut hasil bumi mereka," tuturnya.

Ia mengatakan, sebagai bagian dari masyarakat Kubu Raya, masyarakat transmigrasi juga akan mendapatkan hak dan kewajiban yang sama seperti masyarakat lokal yang ada di kabupaten itu.

Bahkan, pemerintah Kubu Raya juga sudah mempersiapkan area pemukiman dilengkapi dengan lahan garapan sebagai bekal bagi masyarakat transmigrasi untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

"Karena kultural masyarakat kita yang cukup heterogen sehingga selalu bisa menerima siapapun yang datang ke Kubu Raya, apa lagi jika menjadi bagian dari kabupaten ini," kata Muda.

Dia mengatakan, untuk mendukung percepatan pembangunan di daerah transmigrasi Pemkab Kubu Raya melibatkan beberapa dinas terkait seperti Dinas Pendidikan untuk pembangunan sarana pendidikan, Dinas Kesehatan untuk pembangunan Pustu, Dinas Pertanian untuk membantu pengembangan kawasan pangan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan untuk membantu pengadaan kepala hibryda dan karet, Dinas Cipta Karya dan Bina Marga untuk peningkatan infrastruktur dan beberapa dinas lainnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014