Pontianak (Antara Kalbar) - Wali Kota Pontianak Sutarmidji menjanjikan akan memberikan bonus umrah kepada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) asal Kota Pontianak, kalau bisa masuk juara pada MTQ tingkat nasional.
   
Menurut dia, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dulunya termasuk salah satu provinsi yang paling disegani dalam setiap ajang MTQ tingkat nasional. Namun belakangan, Kalbar hampir tidak pernah meraih juara dalam setiap even MTQ tingkat nasional.

"Jangankan juara I, juara III pun sulit. Saya berharap ada yang dari Kota Pontianak mewakili Provinsi Kalbar bisa meraih juara di tingkat nasional. Dan ada bonus khusus dari Pemerintah Kota Pontianak yakni berupa umrah,” ujarnya.

Ia berharap, semakin banyak qori dan qoriah maupun hafiz dan hafizah dari Kota Pontianak yang meraih juara MTQ tingkat nasional. Semakin banyak yang meraih predikat terbaik di ajang MTQ tingkat nasional nantinya, sebanyak itu pula hadiah umrah yang akan disediakan bagi mereka. “Kalau ada 10 orang dari Kota Pontianak misalnya yang mendapat predikat terbaik, 10 orang itu akan mendapat bonus berupa umrah,” katanya.

Ia menilai, para qori dan qoriah hendaknya tidak hanya dilatih dalam hal membaca ayat-ayat suci Al Quran, tetapi pernapasan juga sangat penting untuk dilatih secara fisik. “Latihan fisik seperti olahraga itu juga penting untuk mengukur panjang nafas para qori dan qoriah. Kalau perlu ada guru olahraga yang mendampingi mereka. Fisik itu penting karena mereka harus tampil prima,” ungkapnya.

Digelarnya MTQ ke-25 Kota Pontianak ini diharapkan bisa memotivasi masyarakat muslim untuk memperbaiki bacaan dan tajwidnya. “Dan yang tidak kalah pentingnya yakni memahami isi kandungan Al Quran itu sendiri,” pungkasnya.

Sebanyak 173 peserta siap berlaga dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-25 Tingkat Kota Pontianak yang digelar mulai tanggal 25 hingga 29 Januari 2014 bertempat di halaman Asrama Haji Pontianak. MTQ ke-25 ini juga sekaligus sebagai ajang seleksi untuk MTQ Tingkat Provinsi Kalbar yang akan dilaksanakan bulan April mendatang di Kabupaten Bengkayang.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014