New York (Antara Kalbar) - Sebuah komisi HAM PBB telah mengajukan tuntutan yang belum pernah dikemukakan sebelumnya agar Vatikan segera memberhentikan semua pastur yang dituduh melakukan pelecehan terhadap anak-anak dan menyerahkan mereka ke pihak berwenang sipil.

Komisi PBB urusan Hak Anak, Rabu (5/2), meminta Vatikan untuk mengakui adanya puluhan ribu kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak dan menyerahkan semua arsip terkait kasus-kasus tersebut. Tuntutan itu muncul menyusul interogasi satu hari penuh terhadap Vatikan oleh para anggota komisi itu bulan lalu.

Pada hari Rabu (5/2), komisi PBB tersebut mengatakan keprihatinan mereka karena gereja Katolik belum mengakui besarnya kejahatan yang telah dilakukan dan belum mengambil tindakan yang perlu untuk mengatasi kasus-kasus seperti itu, serta telah memberlakukan kebijakan-kebijakan yang memungkinkan berlanjutnya praktik-praktik serupa tanpa adanya konsekuensi.

Ini merupakan pesan blak-blakan yang dikeluarkan komisi itu untuk Vatikan menyangkut pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh pastur.

Paus Fransiskus Desember lalu membentuk sebuah tim untuk menyelidiki semua kasus pelecehan seks yang dilaporkan. Vatikan belum mengeluarkan komentar atas tuntutan komisi PBB itu.


(voa)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014