Sungai Raya (Antara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis membuka sekaligus mengharapkan kegiatan Pontianak Air Show yang digelar di Lanud Supadio Kabupaten Kubu Raya dapat lebih memperkenalkan Kalbar pada dunia internasional.

"Dalam kegiatan Pontianak Air Show ini tidak hanya dihadiri oleh kalangan dalam negeri saja. Tetapi juga dari kalangan luar negeri, sehingga kita harap kegiatan ini bisa lebih memperkenalkan Kalbar di mata dunia," kata Cornelis saat membuka secara resmi kegiatan Pontianak Air Show 2014 di Sungai Raya, Kamis.

Gubernur mengatakan, dirinya sangat bersyukur karena kegiatan itu bisa dilaksanakan, meski kondisi bandara yang bergelombang, namun pihaknya bersama Lanud Supadio berani menggelar kegiatan itu.

"Ini tentu menjadi kebanggaan bagi kita selaku warga Kalimantan Barat. Karena air show ini pertama kali dilaksanakan di luar Pulau Jawa dan dilaksanakan di Kalimantan Barat," tuturnya.

Dengan pelaksanaan kegiatan itu Cornelis mengharapkan bisa menumbuhkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pertahanan udara bagi NKRI sehingga masyatakat bisa mencintai udara kita.

"Ini juga bisa menjadi ajang promosi bagi kalbar kepada daerah lain maupun intetnasional. Kita harapkan Kalimantan Barat bisa semakin di kenal oleh masyarakat di sekitar kita," katanya.

Yang lebih penting, lanjutnya, dia mengharapkan penerbangan perintis yang dulunya pernah ada bisa dihidupkan kembali, sehingga semakin banyak pihak ketiga yang mau menyediakan jalur penerbangannya. Demikian dengan jalur penerbangan ke negara lain.

"Dengan kegiatan ini sudah ada beberapa perusahaan penerbangan asing yang menghubungi saya untuk membuka jalur penerbangan ke Singapore, Brunei, Kuala Lumpur dan lain sebagainya. Terlebih kita juga mengharapkan kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kalmantan Barat," ucap Gubernur.

Menurutnya, dengan banyaknya masyarakat luar yang datang ke Pontianak dan Kubu Raya, tentu akan menjadi keuntungan sendiri bagi kedua daerah itu.

Danlanud Supadio, Kol Pnb Novyan Samyoga mengatakan, kegiatan tersebut sengaja dilaksanakan untuk menciptakan kegiatan berskala nasional maupun internasional di Kalimantan Barat.

"Kegiatan ini juga sebagai rangkaian dari HUT Pemprov Kalbar," kata Novyan.

Dia mengingatkan masyarakat Kalbar untuk tidak melewatkan kesempatan itu untuk menambah wawasan tentang kedirgantaraan dan mengetahui teknologi terbaru seputar dunia penerbangan.

"Jarang sekali kegiatan seperti ini kita laksanakan, apa lagi ini merupakan even pertama yang dilaksanakan di luar Pulau Jawa. Jadi kita harapkan masyarakat untuk bisa datang ke kegiatan ini," katanya.

Kepala Dinas Potensi Kedirgantaraan Lanud Supadio, Marsekal Pertama Elhendri SE menyatakan, Pontianak air show diharapkan dapat menjadi sarana silahturrahmi dan peningkatan kemampuan bagi para pecinta olahraga kedirgantaraan.

"Kita juga berharap kegiatan ini juga bisa menumbuhkan generasi baru bagi olahraga kerdirgantaraan di Kalimantan Barat," ucapnya.

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014