Jakarta (Antara Kalbar) - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menilai kelancaran pemilu 2014 akan semakin meningkatkan kepercayaan dunia khususnya dalam berinvestasi di Indonesia.

"Kita melihat bahwa proses yang transparan serta akuntabilitas (pemilu) yang baik membantu meningkatkan kepercayaan dunia kepada Indonesia," kata Agus saat ditemui usai penerimaan penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kepada Bank Indonesia di Jakarta, Senin.

Agus mencontohkan, Deklarasi Kampanye Berintegritas Pemilu 2014 berjudul "Suara untuk Indonesia" yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Lapangan Silang Monas pada Sabtu lalu juga merupakan hal yang baik.

Seluruh perwakilan partai politik peserta pemilu yang hadir saat itu menyatakan siap menciptakan pemilu aman, tertib, damai, berkualitas, dan berintegritas.

"Deklarasi pemilu damai kemarin itu menurut saya bagus sekali," kata Agus.

Sementara itu, terkait pencalonan Joko Widodo sebagai calon presiden RI yang diusung oleh Partai PDI-P, menurut Agus, kemunculan nama-nama presiden yang terus bisa diterima oleh pasar merupakan suatu hal yang positif.

Namun, ia kembali menegaskan, munculnya nama capres-capres tertentu tidak akan berarti jika pemilu tidak terselenggara dengan aman dan lancar.

"Kita harapkan, (dengan lancarnya pemilu) kepercayaan dunia kepada Indonesia akan semakin baik. Reaksinya akan terlihat di pasar keuangan dan pasar modal," ujar Agus.

Pewarta: Citro Atmoko

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014