Pontianak (Antara Kalbar) - Bupati Sintang Kalimantan Barat, Milton Crosby, mengimbau masyarakat untuk melapor ke panitia pengawas pemilu (Panwaslu) jika menemukan pelanggaran pada pelaksanaan Pemilu.

"Kami monitor terus tiap jamnya. Kalau ada hal-hal yang dapat mengganggu keamanan akan langsung diantisipasi. Pemkab Sintang terus berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk menjaga keamanan pemilu," kata Milton Crosby usai mengunjungi sejumlah TPS di Kecamatan Sintang, Rabu.

Menurut dia, pelaksanaan Pemilu legislatif di Kabupaten Sintang berjalan aman. Pemkab Sintang terus memonitor pelaksanaan Pemilu legislatif ini hingga KPU Sintang mensahkan hasil perhitungan suara.

Pemkab Sintang juga terus berkoordinasi dengan aparat kepolisian dalam mengamankan pengiriman rekapitulasi suara dan surat suara dari TPS hingga ke KPU Sintang.

"Hasil rekapitulasi suara yang disahkan Ketua KPPS inilah yang harus diamankan dengan baik agar tidak terjadi kecurangan. Karena berdasarkan peraturan, perhitungan suara dilakukan di TPS," ujarnya.

Milton meminta seluruh masyarakat Kabupaten Sintang selesai Pemilu legislatif tidak ada saling merasa kurang enak karena berbeda partai.

"Anggaplah Pemilu ini seperti bermain bola, setelah selesai siapapun yang menang mari didukung. Ingat kita ini satu keluar besar," kata dia lagi.

Ia mengharapkan masyarakat menjaga keamanan, persatuan dan kesatuan karena setelah ini, Indonesia akan memilih presiden.

Milton mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan demokrasi yang berkualitas. Dia juga memuji tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Sintang yang tinggi dalam Pemilu legislatif kali ini.

"Saat saya meninjau di beberapa TPS, baru jam 10 pagi, sudah 70 persen pemilih yang mencoblos," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Sintang, AKBP Veris Septiansyah menyatakan pelaksanaan Pemilu legislatif di Kabupaten Sintang berjalan lancar dan aman.

"Laporan dari kapolsek-kapolsek tidak ada permasalahan yang menonjol saat pemungutan suara," katanya.

Dia mengatakan di beberapa TPS memang terjadi kekurangan surat suara namun sudah dikomunikasikan dengan KPU. Polres Sintang akan terus mengamankan pelaksanaan Pemilu legislatif.

"Kami akan terus mengamankan penghitungan suara serta pengembalian logistik Pemilu dari TPS ke KPUD Sintang," katanya. ***1***



(TNA/N005)

(T.N005/B/Z004/Z004) 09-04-2014 20:31:08

Pewarta: Faiz

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014