Pontianak (Antara Kalbar) - International College of Advanced Tekhnology Sarawak (i-CATS) Malaysia mempromosikan institusi pendidikan tinggi berbasis tekhnologi di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

"Kedatangan kami dalam rangka memperkenalkan kampus i-CATS yang memiliki beberapa program kelas listrik, komputer, science, administrasi bisnis dan tekhnologi informasi," kata Pengarah Eksekutif Pusat Pembangunan Kemahiran Sarawak, Dato Haji Baharudin Bin Haji Abdullah di Pontianak, Jumat.

Dia mengatakan tamatan dari i-CATS sudah siap bekerja di Malaysia maupun negara asal mahasiswa yang belajar.

Ia menjelaskan, i-CATS melakukan kunjungan usaha ke Kota Pontianak untuk memberikan informasi bahwa di Sarawak kini memiliki institusi pendidikan tinggi berbasis tekhnlogi yang merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Malaysia dan Indonesia dalam education tourism.

"I-CATS ini merupakan institusi pendidikan tinggi yang dimiliki sepenuhnya oleh Pusat Pembangunan Kemahiran Sawarak (PPKS) yang sudah 20 tahun berpengalaman dalam bidang latihan dan tekhnikal," ungkapnya.

Di kawasan pengembangan ekonomi baru, diakuinya hingga saat ini memerlukan sekitar 5.000 tenaga kerja baru yang diharapkan kepada seluruh lulusan mahasiswa i-CATS dapat diserap oleh kawasan perkembangan ekonomi baru tersebut, kata Baharudin.

"Terdapat kawasan pengembangan ekonomi baru di Sarawak, yakni SCORE (Sarawak Coridor of Renewal Energy) yang memerlukan sekitar 5000 tenaga kerja," jelasnya.

Menurut dia, i-CATS beroperasi sejak tahun 2003 yang sebelumnya dikenal dengan nama Kolej Tekhnology PPKS dan kini berubah nama menjadi i-CATS di 2006, katanya.

"I-CATS menjalankan program diploma kerja sama dengan berbagai universitas dibeberapa negara seperti United Kingdom, Australia, New Zealand, India, dan Korea Selatan," ujar Baharudin.

Bagi masyarakat Kalbar yang berminat untuk melanjutkan pendidikannya di i-CATS bisa mendatangi perwakilan i-CATS di Jalan Siam 130-132 Pontianak.Budi Suyanto

(A057/B008)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014