Sekadau (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat, Kesatuan Bangsa dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sekadau melaksanakan penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau.

Desa Terduk  di Kecamatan Belitang Hulu merupakan desa pertama yang dinilai dewan juri pada 16 April 2014, menysul esok harinya yke Desa Maboh Permai Kecamatan Belitang.

Selanjutnya pada 21 April dilaksanakan di Desa Menawai Tekam dan hari berikutnya di Desa Sungai Kunyit Kecamatan Sekadau Hilir pada Selasa 22 April yang dihadiri langsung Wakil Bupati Sekadau Rupinus.

Meski hujan gerimis, prosesi penyambutan untuk Wakil Bupati berlangsung meriah, dengan upacara pancong buluh muda, injak telur dan iring-iringan tarian adat dayak setempat.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sekadau Rupinus mengatakan, lomba desa tingkat provinsi kalbar yang dilaksanakan di Desa Mondi merupakan kegiatan rutin tahunan yang merupakan program kerja nasional yang bermanfaat untuk mengevaluasi dan memotivasi pemerintah desa dan masyarakatnya untuk lebih giat dalam mewujudkan desa mandiri.

“Bukan hanya pada saat lomba desa, lantas desa baru bersiap-siap, tetapi untuk yang akan datang desa harus berbenah diri memperbaiki semua kekurangan yang berkaitan dengan administrasi desa, termasuk juga lingkungan dan lain sebagainya.

" Selain juara yang menjadi cita-cita, yang terpenting adalah bagaimana pembinaan desa secara terus menerus dilakukan oleh pengurus desa,” ungkapnya.

Wakil bupati Rupiunus juga merasa salut sekaligus bangga dengan masyarakat desa Mondi, karena masih bisa mempertahankan kelestarian hutan di lingkungan sekitar rumah. “Saya senang berada di Mondi ini, dan kunjungan di Mondi ini merupakan yang pertama. Ketika saya datang saya senang melihat ternyata masih banyak pohon durian, pokok karet, pohon kelapa dan lain sebagainya. Saya berharap kekayaan alam seperti ini harus dipertahankan,” ujarnya.

Setelah dilaksanakan di desa Sungai Kunyit, penilaian lomba desa selanjutnya akan digelar di Desa Tapang Tingang Kecamatan NangaTaman pada 23 April dan yang terakhir akan dilaksanakan di Desa Boti Kecamatan Sekadau Hulu pada 24 April 2014.


(Humas Pemkab Sekadau)

Pewarta: Hartono*

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014