Ngabang (Antara Kalbar) - Hasil rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Pemilu Legislatif 2014 oleh KPU Landak sudah bisa terbaca siapa-siapa figur yang bakal duduk di kursi DPRD Kabupaten Landak.



KPU Landak sendiri baru akan melakukan rapat pleno penetapan calon legislatif terpilih periode 2014-2019 yang dijadwalan Mei mendatang.



Dari 35 kursi di DPRD Landak, calon pertahana yang berhasil lolos lagi sekitar 15 orang. Sedangkan 20 orang figur baru dan mantan anggota DPRD periode sebelum-sebelumnya (2004-2009) yang kembali duduk.



Untuk anggota DPRD Periode 2009-2014 yang kembali lolos diprediksi Cendra Sunardi, Mohzai, Anjiu, Yoseph Bosman, Efdi, Lamri, Moh Aslan, Heri Saman, Yanto Mardino, Lipinus,Sabinus, Yohanes, Sabirin dan Lorianto.



"Sementara kalau dilihat hitungan perolehan suara, kawan-kawan ini yang duduk kembali di DPRD Landak. Sisanya ya, baru," ujar Cendra Sunardi, salah satu anggota DPRD Landak yang mengklaim duduk kembali.



Pihaknya bersyukur, dengan perjuangan pada Pemilu tahun ini masih bisa memperoleh suara banyak. Namun tidak sesuai target, sehingga masuk ranking kursi di daerah pemilihan Landak satu urutan terakhir



"Terima kasih saya kepada masyarakat yang masih  mau mendukung. Saya akan terus berusaha menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai wakil rakyat," ujar Cendra legislator Partai Hanura ini.



Senada diutarakan Lipinus, legislator dari dapil Landak III dari Partai Golkar ini bersyukur masih memperoleh suara yang bisa menghantar jadi DPRD periode berikutnya.



"Kita akan melanjutkan tugas sebagai wakil rakyat. Karena diamanahkan masyarakat terpilih kembali jadi anggota DPRD," ujar Lipinus calon pertahana saat berbincang dengan awak media di gedung DPRD Landak, Rabu (23/4).



Perolehan suara partai politik dan caleg se kabupaten Landak masih dikuasai partai berlambang banteng moncong putih (PDIP). Partai pimpinan Mega Soekarno Putri itu  memperoleh 66.270 suara. Posisi kedua direbut

Partai Gerindra 26.652 suara. Sedangkan posisi ketiga, Partai Nasdem memperoleh total 25.567 suara. Menyusul Partai Golkar 23.318 suara, Partai Demokrat 22.263 suara.



Diberitakan sebelumnya, Ketua KPU Landak Lomon mengatakan, setelah di laksanakannya proses rekapitulasi hasil pemungutan dan penetapan perhitungan suara di tingkat kabupaten, KPU Landak kembali akan mengagendakan penetapan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten. "Kita jadwalkan pada 11-13 Mei 2014 yang di gelar di aula kantor KPU Landak," ujar Lomon.



Menurut dia, ada dua tahapan penentuan perhitungan kursi DPRD kabupaten, tahap pertama berdasarkan pemenuhan angka Bilangan Pembagi pemilih (BPP) dan tahap sisa seluruh suara yang selanjutnya pembagian yang berdasarkan peringkat di bagi sampai habis.

Pewarta: Kundori

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014