Pontianak (Antara Kalbar) - Kota Pontianak akan mewakili Provinsi Kalimantan Barat pada Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) tingkat nasional yang rencananya digelar di Bandung, Jawa Barat.

"Kesiapan kontingen Fasi Kota Pontianak itu, setelah menjadi juara umum pada FASI tingkat Kalbar di Kabupaten Sintang 19-20 April 2014," kata Ketua Kafilah Fasi Kota Pontianak Zumiyati, Kamis.

Zumiyati menjelaskan pada ajang FASI di Kabupaten Sintang, kontingen Kota Pontianak telah melewati perjuangan yang berat, ditambah dengan minimnya fasilitas yang ada, tetapi mampu keluar sebagai juara umum.

"Kontingen FASI kami dengan fasilitas serba minim, bukannya malah patah semangat, tetapi dijadikan motivasi yang tinggi sehingga keluar sebagai juara umum tingkat Kalbar," ungkapnya.

Zumiyati menambahkan, Kota Pontianak mengirim sebanyak 58 santri pada FASI di Sintang, mampu menggondol sebanyak 20 piala dari 31 cabang kegiatan yang diperlombakan.

"Ini merupakan sebuah pencapaian yang fantastis, apa yang diraih Kota Pontianak merupakan prestasi yang luar biasa,," ujarnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono juga menyampaikan permohonan maaf jika selama mengikuti festival tersebut, Pemerintah Kota Pontianak belum maksimal memberikan fasilitas yang nyaman bagi rombongan karena keterbatasan dana.

"Tetapi kami berkomitmen akan melakukan yang terbaik, saat kontingen Fasi Pontianak mengikuti kegiatan serupa untuk mewakili Kalbar di Bandung nanti," katanya.

Edi juga berharap, kontingen dari Kota Pontianak dapat tampil maksimal dan lebih baik lagi sehingga bisamengharumkan nama Kalbar umumnya, dan Kota Pontianak khususnya.

"Mudah-mudahan kontingen Kota Pontianak yang akan mewakili Kalbar nantinya bisa meraih prestasi yang membanggakan di tingkat nasional," ujarnya.

Fasi tingkat Provinsi Kalbar yang digelar di Kabupaten Sintang, diikuti sebanyak dua kota, yakni Kota Pontianak dan Singkawang, serta enam kabupaten, yakni Sintang, Sanggau, Bengkayang, Mempawah, Kubu Raya, dan Kabupaten Sambas.

Pewarta: Andilala

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014